Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

182 Mahasiswa USB Dikirim Ke Singapura

Solo-kopertis6.or.id - Sebanyak 182 mahasiswa Universits Setia Budi (USB) Surakarta untuk program regular Diploma III dan program Diploma IV angkatan 2013/2014, belum lama ini berangkat ke Singapura mengikuti program Overseas Stadium General. Mereka antara lain mahasiswa program D III Analis Kesehatan, D IV Analis Kesehatan, D III Analis Kimia, D III Anafarma, dan D III Farmasi. Kuliah umum bagi mahasiswa dilaksanakan di Hall Nanyang Technology University, Rabu (6/5) dengan tema mempersiapkan aspek pendidikan dan kesehatan, menyongsong masyarakat ASEAN 2015.

Wakil Rektor III USB, Narimo, ST., MM., mengatakan, Overseas Stadium General ini merupakan tindak lanjut dari program Yayasan Pendidikan Setia Budi berupa pemberian laptop gratis yang sudah memasuki tahun ketujuh, dan program study visit bagi mahasiswa yang sudah memasuki tahun ketiga. Sampai dengan bulan mei tahun 2015, USB Surakarta telah memberangkatkan sebanyak 1011 mahasiswa. “Dalam program ini mahasiswa tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Semua biaya transportasi dan akomodasi selama di Singapura, ditanggung pihak USB. Mereka hanya mengupayakan sendiri untuk pembuatan paspor dan uang saku masing-masing,” tegasnya.

Kegiatan ini selain untu menambah wawasan Internasional bagi mahasiswa, juga meningkatkan kompetensi lulusan dalam skala regional, serta merintis langkah USB menuju Go Internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, sebelumnya pada tahun 2011 dan 2012 USB mengirim para dosen ke Malaysia dan Singapura untuk membangun kerjasama dengan institusi pendidikan di luar negeri. Selain itu, para karyawan sebagai pendukung tenaga kependidikan juga telah mengikuti study banding ke Singapura.

Selain mengikuti kuliah umum Di Nanyang Technology University, rombongan juga berkesempatan melakukan kunjungan industri di Newater. Bendahara Yayasan Pendidikan Setia Budi, F. Mayasari, SE., MM menyampaikan,  Newater merupakan salah satu industri yang paling diandalkan di Singapura, yakni dapat  mengolah air limbah menjadi air minum yang dapat dikonsumsi secara gratis. “Ke depan kita berharap mahasiswa tidak hanya melakukan kunjungan, melainkan dapat melakukan PKL di Newater,” imbuhnya.

Singapura sendiri dipillih sebagai negara tujuan karena merupakan negara kecil yang dikenal dengan budaya tertib dan disiplin. 

COMMUNITY

Materi Pelatihan