Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Mahasiswa Unissula Juara Kompetisi Robotik Dunia Dimagangkan Kemenristekdikti Ke Belanda

Semarang-kopertis6.or.id - Unissula kembali mengirimkan 15 mahasiswa untuk mengikuti program student mobility programme ke Korea, Belanda, Brunei Darussalam, dan Malaysia yang diberangkatkan pada (6/1/2017). Mereka dilepas pada (6/1/2016). Mereka adalah Ernanda Kusuma Dewi, Erlinda Ramadhani Permata (mahasiswa Fakultas Teknik) tujuan ke Dong Seo University Korea,

Faizal Aminuddin Aziz, La Ode M Idris, Ahmad Zuhri (Fakultas Teknologi Industri) ke Research Design Manufacture (RDM) Rotterdam. Mariyatul Qibtiyah, HN Nurul Huda Putu Ekapraja, Ratna Eka Raharto (Mahasiswa Fakultas Ekonomi) ke Rotterdam University. Heni Rizki Yanti ke Universiti Brunei Darussalam. Rifqi Maulida, Dewi Anisa Rachmah, Santi Putriani (Fakultas Ekonomi), ke Universiti Kebangsaan Malaysia. Dina Nurwidhi, Yuli Indah Sari, Zikrina Sekar Winastri (Fakultas Ekonomi) ke Universiti Sains Islam Malaysia.  

Ketua UPT Kerjasama Unissula Muna Yastuti Madrah MA menuturkan para mahasiswa telah terseleksi di fakultas masing-masing dengan kriteria IPK, kemampuan Bahasa Inggris, Budai, dan leadership skill. “Mereka akan mengikuti perkuliahan di universitas tujuan selama 1 semester. Tidak hanya kuliah, 3 di antaranya magang di Research Design Manufacture Rotterdam.” katanya.

Menurut Muna, sebelum berangkat mahasiswa dibekali dengan materi pre departure orientation, berupa akademik, penguatan Budaya Akademik Islami (Budai), Cross cultural understanding (CCU), komunikasi dan korespondensi, fotografi serta dasar-dasar jurnalistik dari dosen-dosen yang reputable. “Ada juga materi dari para alumni tentang city and campus orientation, dan materi spreading Islamic values peacefully.” Imbuhnya.

Menurutnya, mahasiswa peserta student mobility ini mendapatkan finance support dari banyak pihak. “Ada yang mendapatkan beasiswa dari Erasmus, beasiswa mahasiswa berprestasi dari Dikti, dan beasiswa parsial dari fakultas masing-masing.” Ungkap Muna.

Juara Robotik

Khusus Faizal, Idris, dan Zuhri mendapatkan kesempatan magang di Research Design Manufacture Centre of Expertise (RDM CoE) di Rotterdam.

Mereka mendapatkan hadiah dari Kemenristekdikti atas prestasi mereka menjadi juara umum kompetisi robotic bulan April 2016 di Trinity College Amerika Serikat. Menurut La Ode Idris, RDM adalah sebuah institusi pendidikan, pusat penelitian dan perusahaan yang bekerjasama meningkatkan teknologi dan inovasi di Rotterdam.

“Di sana kami akan mengerjakan beberapa project seperti Lora network, aquadrone, dan konsep house village.”kata La Ode Idris. “Projectnya belum pernah kami coba sebelumnya, jadi ada tantangan tersendiri. Alhamdulillah, kami akan mendapatkan banyak ilmu baru bisa belajar sampai sana.” Pungkas Idris.

Tampak gambar: 15 mahasiswa Unissula mendapat pembekalan dari Ketua Pusat Pengembangan Bahasa Unissula 

COMMUNITY

Materi Pelatihan