Wednesday, January 17, 2018
   
TEXT_SIZE

Stiepari Lakukan Progres Perluasan Kerjasama Dengan PT Luar Negeri

Semarang-kopertis6.or.id – Genap usia 47 tahun Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Pariwisata (Stiepari) Semarang berkomitmen pada penguatan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri (LN).

Perguruan tinggi yang berkampus di Bendan Ngisor tersebut belum lama ini telah meraih hibah berupa pendanaan dana bantuan berupa kegiatan Asean Student Exchange And Mobility (ASEM) 2017 dari  Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristek Dikti.

“Melalui hibah tersebut Stiepari mengirim delegasi mahasiswa untuk menjalani program transfer kredit dan pembelajaran singkat ke Universitas Kuala Lumpur (UniKL) Malaysia.”

Hal tersebut disampaikan Ketua Pengurus Yayasan Tri Viaca, Dr. Bambang Dwiloka saat ditemui disela sela peringatan Dies ke-47 dalam acara jalan sehat yang diikuti keluarga besar Stiepari Semarang beserta warga di sekitar kampus, Minggu, (12/11).

Rangkaian Dies Natalis diisi dengan  acara non akademik seperti olahraga, pameran foto, pemilihan Duta Stiepari, hingga pelatihan pembuatan blog promosi pariwisata. Selebihnya juga masih akan diikuti forum seminar nasional, loka karya, diskusi akedemik hingga orasi ilmiah pada puncak acara Desember nanti.   Hadir dalam kegiatan pembukaan dies  kemarin Guru Besar Prof Dr Soetomo WE, Ketua Stiepari Semarang Reny Apriliani MM, dosen, mahasiswa, dan karyawan.

Bambang menambahkan satu mahasiswa kuliah di sana satu semester, melalui program Studi Bachelor of Business Management and Entrepreneurship UniKL. Sedangkan 11 mahasiswa Stiepari akan berangkat ke Malaysia selama satu minggu untuk pembelajaran singkat akademi dengan materi Bahasa Inggris, Komunikasi Bisnis, Budaya dan Pariwisata, akan mulai berangkat 28 November nanti.

‘’Sebagai gantinya, dengan diterimanya program ini maka UniKL juga mengirimkan mahasiswa ke kampus kami. Mereka adalah Nur Dayana dan Syarifah yang lolos seleksi program transfer kredit dari Malaysia,’’ katanya.

Renny Aprilliani mengakui peluang berkiprah secara global terbuka luas bagi kampus ini. Selain mengirim mahasiswa hingga ke manca negara, pihaknya juga menerima perkuliahan untuk mahasiswa asing.  Tak cukup hanya dari UniKL, peserta perkuliahan yang menempuh jenjang magister di Stiepari bahkan ada yang berasal dari Timor Leste.

“Memanaj akan hal ini kami konsen pada peningkatan SDM dosen. Saat ini lima dosen dalam proses menyelesaikan program Doktor. Sedangkan tujuh dosen sudah bergelar Doktor” ungkap Renny

COMMUNITY