Tuesday, March 19, 2024
   
TEXT_SIZE

Lolos 41 Proposal, PKM UM Magelang Rangking 3 PTS Se Indonesia

Magelang-kopertis6.or.id – Prestasi kembali ditorehkan UM Magelang melalui perolehan hibah pendanaan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), sebanyak 41  dari 411 proposal PKM yang diajukan berhasil mendapatkan pendanaan dari Kemenristekdikti tahun 2018. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang jumlahnya 28 dari 304 proposal yang diajukan. 

Berdasar lampiran laman yang dirilis Kemenristekdikti Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) tentang Penugasan Progam PKM 5 bidang tahun 2018, jumlah proposal yang didanai Kemenristekdikti Tahun 2018 menempatkan UM Magelang rangking 2 (dua) PTM se-Indonesia, rangking 2 (dua) PTS di wilayah Kopertis VI Jateng, serta rangking 3 (tiga) PTS se Indonesia. Disamping itu, UM Magelang menempati rangking 24 dari 430 PTN dan PTS se Indonesia yang proposal PKN-nya didanai Kemenristekditi tahun 2018.

Kelima bidang yang didanai Dikti terdiri dari PKM Penelitian (PKMPE), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM), PKM Karsa Cipta (PKMKC), serta PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKMPSH) dan PKM Teknologi (PKMT).

Ke-41 proposal mahasiswa UM Magelang yang lolos tersebut terdiri dari 2 PKMPE, 4 PKMK, 5 PKMM, 12 PKMPSH, 3 PKMT. Proposal berasal dari Fikes sebanyak 11 proposal, Fakultas Ekonomi, Teknik dan FKIP masing-masing 8 proposal, serta 6 proposal dari Fakultas Agama Islam. Disamping itu, dua proposal mahasiswa UM Magelang berhasil didanai Kemenristekdikti melalui Program Hibah Bina Desa (PHBD) tahap 1 tahun 2018. Kedua proposal tersebut diajukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisaris Ekonomi.

Wakil rektor bidang Kemahasiswaan Mujahiddun, M.Pd menyatakan rasa puas dan bersyukur atas capaian yang telah diperoleh mahasiswa UM Magelang. Saat ini UM Magelang tengah menggalakkan kegiatan yang bersifat pengembangan minat bakat di bidang penulisan karya ilmiah.

“Dengan dibimbing dosen yang qualified, jumlah proposal yang lolos dapat terus meningkat. Tidak hanya dari segi kuantitas, UM Magelang juga berusaha untuk kembali mendapatkan medali emas di PIMNas seperti yang pernah diperoleh sebelumnya.” ungkap rektor

COMMUNITY

Materi Pelatihan