Friday, December 14, 2018
   
TEXT_SIZE

PKM Unpand Perkenalkan Makanan Berbahan Lidah Buaya

Semarang-lldikti6.ristekdikti.go.id - Tim  Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pandanaran (Unpand) yang terdiri dari para dosen, tahun ini sukses merealisaskan hibah Kemenristek Dikti dengan membantu usaha warga di Lamper Kidul.

Ketua Tim PKM  Agustien Zulaidah ST MT mengatakan, kegiatan PKM ini bertujuan membantu produktifitas Kelompok Belajar Usaha (KBU) Sari Dua warga di Kelompok Cempedak I dan Cempedak II, memproduksi makanan olahan berbahan dasar lidah buaya. Pada April 2018 KBU Kelompok Cempedak I dan Cempedak II kebetulan ganti nama jadi KBU Olibu Sejahtera I dan II.

“Kita bantu ilmu tujuannya menjadikan lidah buaya sebagai ikon di Lamper Kidul dan sentra penghasil makanan olahan berbahan dasar dan kegiatan kita banyak,” jelasnya, 

Menurutnya, kegiatan yang dilakukan sejak April lalu berupa Sosialisasi dan Pelatihan Budidaya Lidah Buaya, Sosialisasi Cara Pengurusan PIRT, Pelatihan Pembuatan Makanan Olahan Lidah Buaya, Pelatihan dan Sosialisasi Penggunaan BTM pada Makanan Olahan Lidah Buaya, Pelatihan Pengemasan Produk dan Desain Kemasan Produk yang Menarik, Sosialisasi Perluasan Pemasaran Melalui Media Online dan Pelatihan Pembuatan Blog/Website.

“Kita fokus bantu persoalan yang dialami KBU Olibu di Lamper Kidul,” jelas Agustien didampingi anggotanya Dra Retno Djohar Juliani MPd. Dan Susanto SPd MSc . 

Ia menambahkan, program hibah ini  Unpand diharapkan berkontribusi dalam hal membantu maksimalkan izin produk industri rumah tangga (PIRT). 

“Terima kasih, semoga usaha kita semakin maju dari waktu ke waktu,” ucap Ketua KBU Olibu Sejahtera 1 dan 2 Tengku Husmaradiah dan Enny Saktiyanawati disaksikan Lurah Lamper Kidul Mardjuki. 

Pengambilan  tema kegiatan ini oleh PKM Umpan adalah “PKM Kelompok Belajar Usaha Produk Makanan Olahan Berbahan Dasar Lidah Buaya di Kelurahan Lamper Kidul Semarang Selatan”.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan