Sunday, April 28, 2024
   
TEXT_SIZE

UKSW RAIH JUARA I KOMPETISI DEBAT BAHASA INGGRIS TINGKAT JATENG

Salatiga -  Prestasi membanggakan telah ditorehkan Tim Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga yang terdiri dari Rio Giovano S dan Kethryne Rothe S, setelah dinyatakan oleh Tim Juri sebagai juara I ajang Kompetisi Debat Bahasa Inggris antar mahasiswa tingkat wilayah yang diselenggarakan Kopertis VI. Acara berlangsung di Hotel Beringin selama dua hari, 14-15/5, diikuti 28 tim perguruan tinggi yang ada di Jawa Tengah.

Pada  grand final, Tim UKSW telah berhasil menyisihkan rivalnya dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Sebelas Maret (UNS).  Nampaknya dari  tim UNDIP tidak mampu mengulang sukses  tahun lalu sebagai juara I, kali ini hanya berhasil  menempati  runner up, disusul UNNES  juara III dan UNS  juara IV.  

Ketua Tim Juri, Ryan Mariana mengatakan, dasar penilaian yang dilakukan tim juri meliputi materi (isi argumen), cara penyampaian argumen, metode penyusunan argumen. Pada prinsipnya debat bahasa Inggris ini penilaian lebih pada ide yang disampaikan masing-masing peserta. Adapun untuk tema pada saat grand final, kami dari Tim Juri mengangkat isu mengenai “Apakah Cina sebagai negara sedang maju diberbagai bidang sebaiknya mengurangi kecepatan ekspansinya, atau justru melanjutkan itu”. Dari argumen yang disampaikan Tim UKSW menyatakan, ini merupakan hak Cina melakukan ekspansi memajukan negaranya. Melaui salah satu argumen yang disampaikan tersebut, mengantarkan tim UKSW   terpilih sebagai juara I oleh Tim Juri.

Ryan menambahkan, meskipun debat ini menggunakan bahasa Inggris, penilaiannya tidak semata-mata dari pengucapan atau kosa kata, lebih mengutamakan pada kepandaian dalam memberikan argumen.

Keberhasilan Tim UKSW menyabet juara I, menurut Rio Giovano S merupakan hal yang tidak terduga sebelumnya. Persiapan panjang sebelum mengikuti kompetisi ini ternyata telah menghasilkan sesuatu yang optimal, ujarnya dengan ekspresi sumringah.

Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto yang dalam ini diwakili oleh Sekretaris Pelaksana, Sri Sujanti SH, sebelum acara penutupan menyerahkan Tropy dan uang pembinaan kepada juara I sampai dengan IV.

Dalam pesannya kepada para juara beliau mengatakan, Saudara jangan terlena, karena perjuangan tidak cukup hanya sampai di sini. Saudara yang masuk delapan besar akan mewakili ditingkat nasional, sehingga diharapkan dapat membawa nama Jateng diajang ini. Untuk itu, bekali diri Saudara dengan menambah pengetahuan umum yang terkait isu-isu terkini, baik mengenai ekonomi, politik, budaya dsb.

Peringkat V diraih Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto, peringkat VI diraih Politeknik Negeri Semarang, peringkat VII diraih Universitas Muhammadiyah Purworejo, peringkat VIII diraih STIE Widya Manggala Semarang.  Kepada peringkat V sampai dengan  VIII juga diberikan uang pembinaan.

COMMUNITY

Materi Pelatihan