Tuesday, April 16, 2024
   
TEXT_SIZE

Ikuti Camp Journalistic UMK, Ratusan Pelajar Termotivasi Menulis

Pati-kopertis6.or.id – Camp Jurnalistic goes to School yang terseenggara berkat kerjasama Universitas Muria Kudus (UMK), Suara Merdeka Biro Muria, dan MA. PGIP. Hadiwijaya di Gedung LPBA, Kajen, Kecamatan Margoyoso, Pati, memberikan kesan tersendiri bagi peserta yang hadir.

Tak hanya memberikan kesan positif dan juga menjadi ajang pertemuan dengan para siswa dari sekolah-sekolah lain di Bumi Mina Tani, camp journalistic tersebut sekaligus mampu memotivasi para siswa untuk menekuni dunia penulisan.

Mellina Fransiska, salah satu siswa dari SMK Pelayaran Pati ini mengaku tertarik dengan pelatihan kepenulisan yang dikemas secara gayeng itu. ‘’Kegiatan ini sangat menarik dan mampu  memberikan wawasan yang cukup banyak tentang dunia jurnalistik. Saya  akan berlatih dengan giat dan sungguh-sungguh, agar bisa menghasilkan karya-karya. Mengikuti camp journalistic ini, saya jadi tergugah untuk mendalami jurnalistik,’’ paparnya.

Camp Jurnalistic goes to School di Kajen, Kecamatan Margoyoso, Pati memberikan kesan mendalam bagi ratusan peserta, dengan kehadiran tiga ‘’motivator’’ yang menjadi narasumber dalam kegiatan itu, yakni Muh Syafe’i MPd (Kepala Lembaga Informasi dan Komunikasi/ Linfokom UMK), Zamhuri (penulis dan Manajer Yayasan Pembina UMK), serta Muhammadun Sanomae (Kepala Biro Muria Suara Merdeka).

Muh Syafe’i menyampaikan,  ada tiga fungsi ilmu jurnalistik, yang merupakan bagian dari ilmu komunikasi. Yaitu mengajak dalam kebaikan, mencegah kemungkaran seperti korupsi, serta menjadi salah satu ciri manusia bersejarah. ‘’Sejarah itu dikenal, manakala ditulis. Maka, menulis lah dan membuat sejarah,’’ tegasnya.

Dia mengemukakan, mengingat pentingnya keterampilan menulis itulah, UMK pun berkomitmen untuk mendampingi para generasi bangsa belajar satu ilmu yang memiliki peranan besar di era globalisasi.

 

“Pelatihan pada pagi ini merupakan bagian dari upaya melatih adik-adik pelajar agar tidak ada kesenjangan dalam dunia menulis.” papar Zamhuri.

COMMUNITY

Materi Pelatihan