Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Implementasikan Teori, Teknik Elektro Unika Kunjungi Perusahaan

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.idProgram Studi Teknik Elekto - Fakultas Teknik Unika Soegijapranata selama lima hari melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Jawa Timur dan Bali, sebagai upaya  mengembangkan keilmuan dan implementasi teori.

Sebanyak 41 mahasiswa dan 4 pembimbing mengunjungi perusahaan Karoseri Tentrem  Malang dan perusahaan air minum Pocari. Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa mengkaji sejauh mana penerapan teori yang diperoleh di bangku kuliah dalam dunia usaha, khususnya yang bersentuhan dengan elektrikal dan enginering di dunia usaha.  Mahasiswa yang telah banyak menerima teori dan praktikum di kampus, merasa masih perlu untuk melihat dunia usaha dalam kiprahnya perusaan memanfaatkan lulusan teknik elektro dan perkembangan penggunaan sarana elektrikal dan enginering yang semakin berkembang.

Saat berkunjung di dua perusahaan tersebut,  mahasiswa mendapatkan banyak informasi dan wawasan baik dalam pengolahan air minum Pocari yang banyak menggunakan sarana modern yang mengacu pada teknik robotika, hal ini dapat menekan penggunaan tenaga manusia, karena perusahaan sangat memperhatikan kualitas dan keamanan pangan dan minuman. Sedangkan di perusahaan karoseri Tentrem, penggunaan sarana teknik digital maupun komunikasi dapat diterapkan sebagai sarana pendukung kendaraan bus, baik untuk kepentingan sarana transportasi wisata dan kedinasan, yang memperhatikan kenyamanan dan tingkat keamanan yang baik untuk penumpang.

Usai mengunjungi dua perusahaan tersebut, perjalanan dilanjutkan menuju pulau Dewata, Bali untuk mengunjungi Program Studi Teknik Elektro Universitas Udayana Bali. Rombongan diterima  Ketua Jurusan Ir. I Nyoman Setiawan, MT di Ruang Sidang Lantai III Dekanat Fakultas Teknik di Kampus Jimbaran Badung.

Nyoman mengatakan,  Program Studi Teknik Elektro saat ini sangat dibutuhkan di dunia usaha maupun kependidikan. “Kerjasama dan kunjungan ke sesama Program Studi Teknik Elektro sangat diperlukan, mengingat minat mahasiswa yang kuliah di teknik elektro perlu ditingkatkan dengan cara mengenalkan banyak penemuan baru.” jelasnya.

Pada diskusi dan evaluasi yang dilakukan oleh peserta dalam program KKL tersebut yang berlangsung di Hotel Nirmala lantai IV – Jalan Mahendradatta 81 Denpasar,  prinsipnya peserta merasa puas, meskipun masih dirasa perlu mengkaji lebih dalam lagi tentang suasana perkuliahan dan kerjasama dalam bidang strategi meningkatkan prestasi mahasiswa di kedua kampus.

Diskusi yang dipandu oleh dosen pembimbing kandidat doktor UGM, Leonardus Heru Pratomo, ST.,MT. menekankan  diperlukan kepercayaan diri yang bertumpu pada keilmuan Teknik Elektro.

Kepercayaan diri ini mutlak diperlukan,  mengingat keilmuan elektrikal tidak bisa dipandang sebelah mata dan harus ditekuni dengan serius. Mahasiswa harus yakin meskipun lulus dari perguruan tinggi swasta tidak menutup kemungkinan peluang untuk sukses di dunia kerja.” papar Heru.

COMMUNITY

Materi Pelatihan