Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Prof. Aidul Raih Guru Besar Melalui Loncat Jabatan


Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id- Raihan Jabatan Fungsional Akademik (JAFA) dosen untuk Profesor/Guru Besar  pada umumnya dilakukan melalui pengajuan usulan dari Lektor Kepala. Namun tidak demikian dengan dosen PNS Kopertis VI yang dipekerjakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang memiliki nama dan gelar lengkap Prof. Aidul Fitriciada Azhari, SH. M.Hum ini. Untuk meraih jabatan Profesor/Guru Besar dilakukan melalui lompatan  luar biasa dari jabatan Lektor.

“Prof. Aidul di Kopertis VI merupakan Profesor/Guru Besar ke-70. Akan tetapi sebagai Profesor/Guru Besar pertama yang berproses loncat jabatan. Ini pertama di Kopertis VI, dari Lektor 200 kum menjadi 850 kum. Ini tentu prestasi yang luar biasa dan istimewa.”

Pernyataan ini disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP. Sugiharto siang tadi (20/2) di ruang kerjanya saat menyerahkan SK Profesor/Guru Besar atas nama Prof. Aidul Fitriciada Azhari, SH, M.Hum kepada rektor UMS yang dalam hal ini diwakilkan kepada Ir. Sarjito, MT.Ph.D selaku Wakil Rektor II.  

Menurut Koordinator keberhasilan meraih jabatan Profesor/Guru Besar tidak hanya menjadi kebanggaan UMS, namun juga kebanggaan Kopertis VI.

Usai menerima SK, Sarjito menjelaskan, di UMS saat ini terdapat sembilan  belas Profesor/Guru Besar. Khusus di Fakultas Hukum UMS, Prof. Aidul berada diurutan empat. Capaian Profesor/Guru Besar oleh Prof. Aidul prosesnya cukup panjang, kira-kira butuh waktu sekitar tiga setengah tahun. “Kendala pada waktu itu terkait dengan publikasi internasional, dan waktu itu ada perubahan sistem transisi sehingga muncul aturan baru.” katanya

Dengan diterimanya SK Profesor/Guru Besar, Wakil rektor II berharap dapat meningkatkan bargaining position untuk akreditasi UMS supaya dapat meraih akreditasi institusi A. Selanjutnya adalah transfer knowledge .kepada mahasiswa yang lebih penting. “Dengan banyaknya Profesor/Guru Besar dan Lektor Kepala, asumsinya adalah dapat memberikan peningkatan dalam transfer iptek kepada mahasiswa” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut selain Prof. Aidul, Koordinator juga menyerahkan SK Kenaikan JAFA untuk Lektor Kepala atas nama Dr. Drs. Abdul Syukur, MM dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantor (UDINUS) Semarang.

Tampak gambar : PR II UMS berfoto bersama dengan Koordinator dan Sespel Kopertis VI usai menerima SK Profesor/Guru Besar atas nama Prof. Aidul

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan