Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Dekan Ekonomi Unissula Raih Penghargaan Kemenristekdikti

Semarang-kopertis6.or.id - DekanFakultas EkonomiUnissula, Olivia Fachrunnisa PhD baru-baru ini mendapatkan penghargaan sebagai penyaji terbaik riset terapan dari Kementrian RistekDikti. 

Olivia mengungkapkan,  penelitian dilakukan selama dua tahun (2015 dan 2016) dengan menggunakan pendanaan dari DPRM Kemenristek Dikti skema riset terapan, penelitian strategis nasional. Judul penelitian adalah: Trust, Fairness and Economics (Model) untukMengukur Sustainabilitas Digital Collaboration Networks (DCN) UKM Indonesia.

Riset yang saya buat, melibatkan sejumlah UKM Batik di Jawa Tengah dan DIY yang mulai membentuk komunitas digital untuk saling berbagi dan menguatkan daya saing produk masing-masing. “Teknologi internet yang sebelumnya hanya digunakan untuk marketing atau display produk, sekarang diinisiasi untuk ditingkatkan menjadi jaringan kolaborasi digital, dimana para pengusaha dapat berkomunikasi untuk saling memberikanin formasi dan bekerjasama terkait peningkatan kualitasproduk.” ungkap Olivia.

Masih menurut lulusan doctoral Curtin University tersebut,  setelah komunitas terbentuk, maka supaya langgeng atau sustain, ada tiga hal yang harus dipenuhi yaitu: kepercayaan (trust), fairness (keadilan) dan kesejahteraan sosial yang diperoleh setelah bergabung dengan komunitas. Penelitian saya menciptakan sebuah metodologi bagaimana supaya TFE Model tsb bisa diterapkan di DCN UKM Indonesia.

“Hasil penelitian saya mendapatkan apresiasi dari para reviewer jurnal dan konferens. Hal ini dibuktikan dengan telah terpublikasinya hasil penelitian pada dua jurnal internasional bereputasi (terindeks Scopus), dan dua conference paper di prosiding internasional yang juga terindeks di ISI Thomson” tutur Olivia.

Selain Olivia ada tiga peneliti lain di bidang riset terapan yang  mendapatkan penghargaan sebagai penyaji atau peneliti terbaik yang sudah menyelesaikan project nya selama dua tahun.

Capaian penting tersebut semakin menguatkan Fakultas Ekonomi Unissula dalam meningkatkan kwalitas dan kwantitas penelitiannya. Diakuinya,  saat ini difakultasnya mengembangkan sebuah sistem yang dinamakan sistem peningkatan kualitas publikasi internasional(SPKPI) yang mengacu pada 3 RIP (rencana induk penelitian), yaitu penguatan sistem ekonomi Islam, pengembangan UKM dan implementasi ICT for Business.

SPKPI ini kami kembangkan sejak  2012, dan terus ditingkatkan sampai dengan hari ini. Sistem ini memberikan fasilitas kepada  dosen peneliti mulai mengembangkan topik penelitian (kilinik proposal penelitian sesuai kompetensi), monitoring pelaksanaan penelitian (berbagai pelatihan terkait pelaksanaan penelitian yang baik dan beretika), hingga pendampingan penulisan hasil dan pubilkasi internasional. “Dengan jumlah dosen tetap sekitar 65, Fakultas Ekonomi Unissula berhasil memberikan kontribusi paling tinggi pada pendanaan eksternal dan publikasi, baik nasional maupun internasional di Unissula.” papar Olivia.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan