Sunday, July 21, 2019
   
TEXT_SIZE

Imam Mawardi Raih Gelar Doktor

Magelang – Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM), Imam Mawardi, raih gelar Doktor dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, melalui Disertasi berjudul “Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Life Skills Peserta Didik (Studi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)) di Sekolah Menengah Pertama”, baru-baru ini.

            Imam mengungkapkan, berdasarkan masalah yang berkembang saat ini, yaitu masih belum terpenuhinya kualitas proses dan hasil pembelajaran PAI pada peningkatan life skill yang diharapkan.

            “Pembelajaran PAI lebih banyak menekankan kemampuan kognitif dan kurang mengedepankan pengembangan pribadi dan sosial peserta didik yang merupakan pengembangan umum dari life skils. Adapun pendekatan yang digunakan, yakni Research and Dvelopment (R&D), dengan memakai modifikasi tiga langkah, yaitu studi pendahuluan, uji coba model pengembangan, uji validasi model dengan subyek penelitian guru dan peserta didik kelas VIII SMP di Kota Magelang. Alat pengumpul data menggunakan angket, pedoman observasi, tes dan skala sikap model likert”, tandas Imam.

            “Dengan memperhatikan jenis data penelitian, sebagian data analisis dengan metode analisis kualitatif dan lainnya, menggunakan statistic uji-t. Adapun desain yang dikembangkan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri lima tahapan, seperti pengkondisian spiritual, eksplorasi pemahaman, konfirmasi sikap, elaborasi kecakapan, dan vasilitasi nilai.

            Dia menambahkan, berdasarkan temuan hasil uji coba dan uji validasi yang dilakukan, menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan life skills peserta didik. Hal itu dapat dilihat dari aspek kecakapan personal  dan kecakapan sosial.

            Imam Mawardi merupakan Doktor kelima yang dimiliki UMM saat ini.

COMMUNITY

Materi Pelatihan