Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Udinus Borong Juara Diajang Diktendik Berprestasi

Semarang-kopertis6.or.id -  Dominasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dalam gelaran tahunan ajang Diktendik Berprestasi tingkat PTS se Jateng 2014 yang diselenggarakan Kopertis VI menurut rektor setempat , Dr. Edy Nursasongko bukan semata-mata faktor keberuntungan.

“Faktor keberuntungan cuma 5%, 95% sisanya dilakukan melalui kerja keras dan kerja cerdas. Hasilnya dapat kita lihat saat ini, dimana dari 6 (enam) kategori yang ada diajang Diktendik tingkat PTS se Jateng, peserta dari tempat kami semua meraih juara.”

Pernyataan ini disampaikan rektor usai menerima para pemenang ajang Diktendik di ruang Rektorat  tadi siang (15/9).

Masih menurut Edy, keberhasilan ini tidak lepas dari buah Kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi (PT) dalam negeri yang sudah memiliki nama besar, juga PT dari  luar negeri.

“Dengan Kerjasama tersebut, kita bisa melihat contoh mana pendidik maupun tenaga kependidikan yang bagus untuk kita adaptasi dan aplikasikan di tempat kami. Jadi yang baik itu yang kita ambil. Udinus melakukan Kerjasama dengan 13 PT, 7 (tujuh) PT   dari dalam negeri, 6 (enam) PT dari luar negeri, yaitu Malaysia, Tailand, Taiwan, Jepang, Korea, Cina,” paparnya.

Edy menambahkan, terkait dengan dosen teladan  diharapkan nantinya bisa berbicara banyak di tingkat nasional. Kebiasaan yang sudah mulai kita bangun yakni dengan membiasakan diri mematenkan sesuatu.

 “ Disaat PT lain belum terbiasa dengan budaya paten, Udinus saat ini telah memiliki 91 paten. 70 sudah beredar atau memiliki nomor paten, 21 baru terdaftar. Untuk karya-karya yang dihasilkan mahasiswa ada 7, jadi totalnya kira-kira mencapai  98. Hal inilah nantinya akan menjadi salah satu keunggulan Udinus.” Ujar orang nomor satu di Udinus, optimistis.

Terkait dengan penyelenggarakan Diktendik oleh Kopertis, pada prinsipnya disambut sangat baik oleh Edy. Namun demikian, Ia memberikan masukan untuk penyelenggaraan ke depan, bahwasannya untuk  juri diambilkan dari pihak luar.

“Untuk obyektivitas dan netralitas penyelenggaraan, jangan sampai peserta dari salah satu PTS jurinya juga berasal dari PTS tersebut.” saran rektor.

Rektor optimis di tingkat nasional nanti, peserta dari institusinya bisa masuk 3 s.d. 5 besar.

Berikut peserta dari Udinus yang meraih juara Diktendik antar PTS se Jateng tahun 2014. Untuk Dosen berprestasi meraih juara III atas nama  Dr. Pulung Nurtantio Andono, Ketua Progdi berprestasi sebagai juara III atas nama Yulita Setiawanta, Pustakawan berprestasi sebagai juara III atas nama Galuh Paramita Swasti, SH, Laboran berprestasi sebagai juara I atas nama Fitria Wulandari, S.K.M, Tenaga Administrasi Akademik berprestasi sebagai juara I atas nama Budi Setyo Utomo, ST, Pengelola Keuangan berprestasi sebagai juara III atas nama Wiwik Sulistiyorini, A.Md.

COMMUNITY

Materi Pelatihan