Sunday, March 29, 2020
   
TEXT_SIZE

Mahasiswa Asing Asal Thailand dan Korea Kuliah di UMP

Purwokerto-kopertis6.or.id - Sebanyak tujuh orang dari Thailand dan satu orang dari Korea, baru-baru ini telah mendaftar kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Untuk mahasiswa Thailand, bukan yang pertama kali. Sebelumnya, UMP telah menerima 3 angkatan mahasiswa Thailand yang tersebar di sejumlah program studi. Sedangkan untuk mahasiswa asal Korea Selatan, ini untuk yang pertama kalinya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Furqanul Aziez, MPd mengatakan, semakin beragamnya latar belakang mahasiswa UMP, menandakan kegiatan akademik di UMP semakin unggul, modern dan Islami, sehingga mampu menarik minat studi mahasiswa luar negeri.

“UMP berupaya maksimal dalam pemenuhan standar kurikulum dengan selalu melakukan peninjauan kurikulum yang melibatkan_stakeholder alumni, tenaga ahli dan segenap civitas akademika untuk mencapai kesesuaian kebutuhan  stakeholder dan kebijakan Dirjen Dikti.” jelas Aziez.

Suasana akademik UMP, lanjut Aziez, selalu ditingkatkan melalui program kerjasama dengan lembaga mitra, peningkatan kemampuan dan partisipasi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Dia berpesan kepada mahasiswa asing yang menempuh studi di UMP agar dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus, tempat tinggal dan masyarakat. Aziez memastikan, semua mahasiswa asing ini sebelumnya telah diikutkan dalam program BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing).

“Dalam proses adaptasinya, mereka juga akan mendapatkan pendamping bahasa yang akan membantu mereka,” katanya.

 

Sementara itu, rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH menyambut gembira kedatangan mahasiswa asing yang telah memilih UMP. Rektor memaparkan secara singkat program studi yang ada di UMP. Rektor juga mengingatkan agar beda bahasa, pandangan, sikap, pola pikir dan tradisi tidak menjadi hambatan untuk dapat belajar dengan baik.

COMMUNITY

Materi Pelatihan