Thursday, April 18, 2024
   
TEXT_SIZE

AKPELNI Akan Tingkatkan Layanan Melalui ISO 9001:2015

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id - Upacara Wisuda Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) baru-baru ini menggelar upacara di halaman kampus, dengan Inspektur Upacara Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas Kapten Karolus G Sengadji MM.

Karolus berpesan, sesuai tema “50 Tahun Mengabdi, Akpelni harus siap Melaksanakan PM 70 STCW Amandemen 2010”. Maksudnya, dalam menghadapi tantangan tersebut kedepannya Akpelni harus benar-benar mempersiapkan diri dan harus selalu berbenah diri.

“Akpelni harus siap mengimplementasikan STCW 1978 Amandemen 2010 dengan kebutuhan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar, mengingat penyelenggara pendidikan yang berkualitas tidak bisa dipisahkan dari ketersediaan sarana dan prasarana,” jelasnya.

Menurut Karolus, Akpelni juga harus bisa memanfaatkan Information and Comunication Technology (ICT) untuk mendukung sistem informasi terpadu di seluruh unit yang ada sehingga secara keseluruhan akan mendatangkan dampak yang positif bagi institusi.

Yang terpenting, lanjut Karolus, Akpelni harus mampu menjalin kerjasama dengan dunia internasional, agar penyelenggaraan pendidikan di sini bisa berjalan  baik, dengan tujuan agar dapat menyalurkan para taruna-taruninya praktik bekerja di kapal asing.       

Direktur Akpelni Drs Djayari MSi menambahkan, sesuai tugas dari Tri Darma Perguruan Tinggi dan visi misi yang diembannya. Adanya ASEAN Economic Community mulai 2015 dan Pencanangan Poros Bahari oleh Presiden dan Wakilnya yang terpilih tahun ini sebenarnya sangat membantu peluang bagi dunia maritim.

“Ini peluang yang harus ditangkap Akpelni sebagai tantangan untuk mencetak tenaga professional mengisi peluang yang ada. Ini yang sedang kita lakukan saat ini,” cetusnya. 

Ditambahkan, terpenting lagi visi Akpelni mendatang pada 2018 bisa menjadi Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Maritim yang diakui secara nasional dan internasional. Pelayanan ditingkatkan terutama implementasi standar manajemen mutu ISO 9001:2008 yang segera berubah menjadi ISO 9001:2015,” pungkasnya.  

Sementara usai upacara wisuda, secara simbolis Akpelni juga mendapatkan bantuan satu buah bus dari para alumni dan dilanjutkan juga peletakan batu pertama pembangunan pembangunan gedung untuk kolam renang, labolatorium dan asrama.

COMMUNITY

Materi Pelatihan