Tuesday, September 29, 2020
   
TEXT_SIZE

UnissulaPotong 25 Hewan Qurban

Semarang-kopertis6.or.id – Rektor Anis Malik Thoha, MA PhD secara simbolis menyerahkan 25 hewan qurban,  terdiri dari 8 sapi dan  17 kambing, kepada panitia qurban dalam prosesi penyembelihan qurban di kampus Kaligawe (7/10). Hewan qurban tersebut berasal dari ketua umum yayasan, rektor, para wakil rektor, dekan, dosen, dan pegawai di lingkunganUnissula. 

Anis Malik dalam sambutannya menyatakan, spirit berkurban diperlukan dalam kehidupan aktual.

“Pengorbanan diperlukan dalam segala aspek, agar kita mendapatkan kehidupan yang layak dan manusiawi.  Demi cita –cita kita harus berkorban, atau justru jika tidak mau berkorban maka kitalah yang akan menjadi korban. Akal yang sehat akan memilih untuk berkurban” ungkapnya.

Tradisi berkurban secara syariah diawali oleh Nabi Ibrahim dan diteruskan Nabi Muhammad hingga sampai ke kita saat ini. Berkurban dengan niat yang iklas, merupakan bentuk penghambaan kepada  Allah dan kita iklas mengikuti jalan Allah. Dan Allah akan mengganti pengorbanan kita yang sedikit itu dengan pahala yang lebih baik. Dalam hidup, kita akan menemui banyak ujian dari Allah.

“Seberapa besar kecintaan kita pada harta, pada kekuasaan dan symbol keduniawian lainnya di banding kecintaan kepada Allah dan melalui ibadah qurban kita belajar tentang hal itu.  Nabi bersabda, barang siapa mendapat keluasan riski dan ia tidak melaksanakan kurban maka jangan sekali kali mendekati tempat Sholat (ied)” kata Anis.

Gambar: Rektor Anis Malik Thoha MA PhD (kedua dari kiri) secara simbolis menyerahkan 25 hewan qurban kepada ketua panitia qurban, Drs NurulYaqien (paling kiri).

COMMUNITY

Materi Pelatihan