Monday, September 21, 2020
   
TEXT_SIZE

Unika Sabet Juara EIGHT Competition

Bendan Duwur-kopertis6.or.id - Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata meraih juara 2 pada lomba EIGHT Competition atau Electrical Informatic and Games Competition di Malang (3/12).

EIGHT Competition adalah rangkaian dari acara Pekan Kreativitas Mahasiswa Elektro 2014 yang diselenggarakan mulai tanggal 28 November sampai dengan 30 November2014 oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.EIGHT Competition sendiri terdiri 3 kategori yaitu perlombaan permasalahan Elektro - Lomba Kreativitas Mikrokontroler, Informatika - Lomba Aplikasi Android, dan Games Competition - Lomba PES dan DOTA.

Avolga Arven Yuriancaesa akrab dipanggil Avo, mahasiswa angkatan 2011 mempresentasikan karyanya dalam kategori Lomba Kreativitas Mikrokontroler berjudulYUKI (Your Uninterruptible Keying Instrument). Konsep YUKI, dapat memberikan kotribusi dibidang teknologi sistem keamanan dalam berbagai bidang, dan mampu mengurangi kasus pencurian baik curanmor, mobil, pembobolan rumah, brankas perusahaan dan lain-lain,  yang sering terjadi ditanah air. Bagi mahasiswa dan penggiat Mikrokontroler di dunia usaha konsep ini bermanfaat untuk memicu kreativitas membuat rancangan – rancangan dibidang aplikasi mikrokontroler yang lebih inovatif sesuai dengan kebutuhannya.

Saat ditemui di kampus Bendan, Avo menjelaskan, seperti yang kita ketahui bahwa Hand Phone yang beredar dipasaran terdiri dari beberapa jenis, salah satunya yang paling populer saat ini Hand Phone berbasis Operating System Android.

Android merupakan tipe Hand Phone yang dapat dikembangkan aplikasinya (open source). Maka dari itu, dengan mengetahui adanya isu masalah sistem keamanan yang selalu menghantui manusia dari masa-kemasa, pengembangan aplikasi Android untuk diintegrasikan dengan rekayasa ilmu elektronik berbasis komputasi kecerdasan buatan, niscaya dapat menjadi inovasi baru untuk melahirkan jenis sistem keamanan yangmodern, efektif dan efisien bagi manusia.

Di sisi lain, kebutuhan masyarakat saat ini adalah rasa aman dan nyaman dalam berbagai aktivitasnya. Untuk itu, diperlukan berbagai macam jenis teknologi hasil manifestasi dari ilmu pengetahuan yang dikembangkan manusia untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan tersebut.

Konsep YUKI merupakan temuan baru yang menawarkan fungsi-fungsi tertentu sesuai dengan keinginan pembuatnya tanpa bergantung pada orang lain. Dengan fungsi utama hardware dan aplikasi YUKI yang berfungsi untuk meningkatkan system keamanan multiguna secara nirkabel berbasis komunikasi data antara mikrokontrol dengan gadget android yang sudah diinstal oleh aplikasi YUKI, maka apabila YUKI diaplikasikan pada barang berharga kita sebagai system keamanannya.

Dengan YUKI proses input password dapat dilakukan dengan lebih aman dan nyaman, karena dilakukan pada gadget android pemiliknya sendiri, sehingga lebih mudah untuk menjaga kerahasiaan password.  Ditambah lagi data pada password YUKI dapat diatur dengan kombinasi angka yang berbeda setiap saat sesuai dengan keinginan pemilikinya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Teknik Elektro, Dr. F. Budi Setiawan, MT merasa bangga atas prestasi Avo, yang dapat menyisihkan 10 finalis lainnya. Dia satu-satunya peserta dari Jawa Tengah meskipun menempati juara kedua, namun implementasi teori yang telah diajarkan di kampus dapat diapresiasi dalam karya nyata; Dan membangun budaya kreatif serta kompetitif melalui lomba selalu ditawarkan kepada mahasiswa Teknik Elektro, tegasnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan