Sunday, February 23, 2020
   
TEXT_SIZE

Smart Training : Jalan Meraih Prestasi

Purwokerrto-kopertis6.or.id - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) membekali calon lulusan tidak  terbatas pada aspek akademik, akan tetapi juga softskills. Upaya ini dilakukan dalam bentuk pemberian training secara simultan bagi mahasiswa.

Jika di awal kuliah mahasiswa UMP diwajibkan mengikuti Becoming  Excellent  Student  Training (BEST), maka pada pertengahan kuliah mereka harus mengikuti Softskills Management and Resolution Training (Smart Training). Ini adalah training yang menitikberatkan pembentukan kemandirian, setia kawan, serta keberanian menghadapi permasalahan. 

Disampaikan  oleh Mochamad Abdul Aziz, mahasiswa prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam (HES FAI) UMP, bahwa Smart merupakan permainan  mengandung filosofi yang dalam, seperti bagaimana seorang mahasiswa harus mandiri dalam menjalani perkuliahan.

“Smart membekali saya tentang apa yang harus saya lakukan seperti kemandirian, setia kawan, dan keberanian,” katanya. 

Rektor UMP, Dr. Syamsuhadi Irsyad, M.H. mengatakan, UMP telah menerbitkan Peraturan Rektor UMP Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Kegiatan Ko-Ekstra Kurikuler Mahasiswa. Ada 8 Kegiatan Ko-Ekstra Kurikuler yang wajib dilaksanakan  oleh  mahasiswa baru UMP mulai Tahun Akademik 2014-2015 yaitu OSPEK, Mentoring, MASTA, BEST, SMART, SUCCESS, PKM, dan Tes Baca Al Qur’an.  Selain kegiatan wajib tersebut, mahasiswa angkatan 2014 juga diwajibkan melaksanakan 1 (satu) kegiatan Ko-Ekstra Kurikuler Pilihan seperti  Pelatihan atau Pengkaderan baik di dalam atau di luar UMP, Seminar/ Simposium/ Lokakarya, Mahasiswa Berprestasi di bidang olahraga, seni, penalaran, maupun minat dan bakat, dan keikutsertaan organisasi baik di dalam atau di luar UMP. 

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA), M. Agung Miftahuddin, M.Si menjelaskan, Smart Training merupakan pelatihan yang wajib diikuti mahasiswa baru. Didalamnya terdapat permainan untuk mengasah sikap leadership-followership, kemampuan bekerja sama dalam teamwork, kemampuan dalam problem solving, dan lainnya.

“Kegiatan yang berlangsung 2-20 Februari 2015 ini wajib diikuti mahasiswa semester I. Ada 15 gelombang. Setiap gelombang berlangsung selama dua hari, yaitu pelaksanaan indoor dan outdoor. Kegiatan indoor  menekankan pada pengasahan melalui visual sedangkan outdoor dilaksanakan dengan outbound yang sarat makna.” ungkap Agung.

COMMUNITY

Materi Pelatihan