Saturday, September 19, 2020
   
TEXT_SIZE

Membangun Sistem Penjaminan Mutu Perlu Menekankan Quality Awareness

Tegal-kopertis6.or.id - Untuk kali pertama Universitas Pancasakti (UPS) Tegal dikunjungi Tim Asesor AIPT BAN-PT dalam rangka visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi  (AIPT). Beranggotakan 3 orang yaitu Prof. Dr. Hartono, DEA. DESS (UGM), Dr. Ir. Budi Setiawan (IPB) dan Dr. Ir.  Danu Ariono (ITB), tim asesor diterima oleh Rektor UPS Tegal, Prof. Dr. Wahyono, di kampus UPS Tegal.

Hari pertama tim AIPT UPS Tegal mengawali kegiatan dengan  pemaparan tentang berbagai hal terkait dengan perguruan tinggi ini yang diwakili oleh Dr. Dino Rozano, M.Pd. selaku wakil rektor I bidang akademik.

Dalam paparannya Dino lebih mengutamakan tentang berbagai progres dari borang yang telah dikirimkan sebelumnya, sebagaimana  telah dikehendaki asesor. Acara dilanjutkan diskusi antara asesor dengan pihak UPS Tegal yang di pimpin langsung rektor UPS Tegal, dibantu   wakil rektor dan jajaran struktural lainnya.

Rektor UPS Tegal Prof. Dr. Wahyono, dalam presentasinya  menyampaikan berbagai perkembangan dan prestasi yang telah diperoleh dalam jangka waktu tiga tahun terakhir. Pada kesempatan diskusi tersebut, beberapa aspek menjadi perhatian oleh asesor  BAN PT. Yang pertama adalah pentingnya sinkronisasi seluruh data dari seluruh unit kerja UPS Tegal menggunakan sistem yang terintegrasi. Data yang sinkron menjadi dasar setiap pengambilan keputusan yang dilakukan di setiap hirarki organisasi UPS Tegal. Yang kedua adalah pentingnya percepatan dalam peningkatan kompetensi dan kualifikasi dosen UPS Tegal untuk mendukung visi UPS Tegal.

Sementara itu, Prof. Dr. Hartono, DEA. DESS (UGM) selaku ketua asesor, dalam diskusinya dengan tim task force AIPT merekomendasikan terhadap pengembangan Standar Mutu yang digunakan agar visi, misi dan tujuan UPS Tegal  segera tercapai. Guru Besar  UGM  tersebut juga menekankan perlunya quality awareness sebagai landasan dalam membangun Sistem Penjaminan Mutu di UPS Tegal.

Agenda visitasi asesor AIPT pada hari kedua diawali dengan penjauan unit kerja, baik dilingkup rektorat, fakultas maupun unit kerja lainnya. Pada kesempatan ini para asesor dengan didampingi segenap pejabat struktural meninjau rusunawa sarana dan prasarana UPS Tegal , yang meliputi fasilitas laboratorium dan perpustakaan. Agenda visitasi AIPT UPS Tegal diakhiri dengan pembahasan dan penandatanganan Berita Acara Visitasi dan Laporan ke BAN-PT oleh asesor BAN PT dan pimpinan UPS Tegal.

COMMUNITY

Materi Pelatihan