Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Dinpora Jateng Berkeinginan MoU Dengan Kopertis VI

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id –Rombongan dari Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Dinpora) Jateng kemarin siang (5/3), melakukan audensi ke Kopertis VI, diterima langsung oleh Koordinator, Prof. DYP. Sugiharto di ruang kerjanya.

Maksud kedatangan ke Kopertis, menurut Tri Laksono selaku Sekretaris Dinpora mengatakan, lembaganya berkeingan melakukan Kerjasama dengan Kopertis VI terkait dengan peningkatan pendidikan formal bagi para atlit pelajar di Jateng di bawah binaan Dinpora.

“Kami memiliki Pusat Pendidikan dan Latihan Olah Raga Pelajar (PPLP), dimana terdapat  271 atlit potensial yang masih berstatus pelajar. Dari jumlah tersebut, 28 siswa saat ini sudah duduk di bangku kelas III SMK/SMA dan akan memasuki bangku kuliah tahun akademik 2015/2016. Melalui Kerjasama ini kita harapkan anak-anak bisa melanjutkan kuliah.” papar Tri.

Dari Dinpora berharap, dengan difasilitasi mengenyam pendidikan hingga mencapai perguruan tinggi, para atlit pelajar tersebut akan memiliki pengetahuan atau wawasan yang lebih baik. Pada aspek lain, melalui pemberian fasilitas kuliah para atlit pelajar ini tidak akan pindah ke propinsi lain.

“Sudah  banyak atlit-atlit Jateng  yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional yang pindah ke propinsi lain. Mudah-mudahan dengan adanya program ini tidak terulang lagi.” harap Tri.

Menanggapi hal tersebut, Prof. DYP menyambut baik keinginan Dinpora untuk melakukan kerjasama. “Kopertis VI Jateng saat ini mengkoordinasi sebanyak 249 PTS. Apabila dari Denpora menginginkan atlit pelajarnya  melanjutkan kuliah pada progdi olah raga, dari sebanyak 249 PTS  tersebut hanya ada dua yang memiliki progdi Olah raga. Akan tetapi, jika tidak harus progdi olah raga tentu banyak alternatif pilihan.”jelasnya.

Koordinator memaparkan, kewenangan Kopertis di PTS hanya sebatas pemberian beasiswa Bidik Misi, PPA dan BBM, selebihnya adalah kewenangan yayasan.

“Jika dari Dinpora menginginkan atlit pelajar tersebut mengunakan jalur bidik misi, ada ketentuan yang harus dipenuhi, yakni berprestasi akan tetapi berasal dari kalangan tidak mampu, serta progdi yang akan diambil minimal terakreditasi B.”

COMMUNITY

Materi Pelatihan