Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Mahasiswa Keperawatan Ngudi Waluyo Akan Magang di Jepang

Semarang-kopertis6.or.id – Sebanyak enam mahasiswa Keperawatan Ngudi Waluyo pada Mei 2015 akan melakukan magang di Jepang, setelah sebelumnya dinyatakan  lolos seleksi.

Atas rencana tersebut, Ketua Stikes Ngudi Waluyo, H. Asaat Pitoyo, M.Kes mohon doa restu. “Mohon doa restunya, pada Mei mendatang kami akan mengirim enam mahasiswa perawat Ntgudi Waluyo untuk melakukan magang di Jepang. Mereka di sana belajar sambil bekerja dan mendapat upah.” katanya.

Pernyataan ini disampaikan di depan orang tua/wali dan wisudawan Stikes Ngudi Waluyo pada penyelenggaraan Wisuda ke-28 dan Sumpah Profesi ke-19, di Watu Gong, Kamis, 23 April 2015.

Saat ini ada sekitar sepuluh orang lulusan dari institusinya bekerja di Jepang, begitu pula kemungkinan bagi yang enam ini setelah magang akan langsung bekerja di sana.

Pitoyo mengisahkan, awal mula terjalinnya MoU dengan pihak Jepang, diawali dengan  kerjasama agensi dengan Stikes di Bali. Akan tetapi, ketika pihak agensi melakukan tes rekruitmen dari mahasiswa untuk magang di Jepang tak satupun mahasiswa dari Bali tersebut yang lolos seleksi.

“Saya  coba tawarkan untuk merekruit dari institusi kami. Benar,  mereka datang ke kampus  selanjutnya melakukan  MoU dan menyelenggarakan tes, ternyata hasilnya  yang lulus seleksi melebihi yang dibutuhkan” paparnya.

Mengenai kerjasama, Pitoyo menjelaskan,  selain Jepang yakni Timur Leste dan Amerika Serikat. “Dua dosen bahasa Inggris Ngudi Waluyo telah kami kirim ke Amerika, sebentar lagi akan kembali ke kampus karena telah menyelesaikan studi lanjut di sana.”

Sedangkan mengenai kelembagaan, institusi kami yang terdiri dari Stikes, Akper maupun Akbid akan melebur menjadi Universitas Ngudi Waluyo.

“Persiapan yang kami lakukan sejak Januari yang lalu.   Dalam tiga bulan kami bersama tim mempersiapkan proposal untuk tujuh progdi, dan  pada akhir maret lalu proposal sudah diajukan ke Dikti berikut berkas melalui online. Mudah-mudahan pada Agustus ini hasil itu sudah nyata, Stikes Ngudi Waluyo bersama-sama Akper maupun Akbid dilebur menjadi satu menjadi Universitas Ngudi Waluyo.” Harap Ketua institusi ini.

Wisuda Kali ini Stikes Ngudi waluyo meluluskan 242 mahasiswa, dari progdi S1 Keperawatan, D3 dan DIV Kebidanan, S1 Ilmu Gizi, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Farmasi, Profesi Ners.

COMMUNITY

Materi Pelatihan