Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

STIE Dharmaputra Gelar Pelatihan Penulisan Jurnal Internasional

Semarang-Kopertis6.or.id- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan Program Pascasarjana Akuntansi STIE Dharmaputra Semarang, baru-baru ini menyelenggarakan pelatihan penulisan jurnal internasional bagi dosen internal.

Pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan dosen dalam bidang penulisan dan riset, khususnya untuk publikasi jurnal internasional. Sebagai instruktur utama  pelatihan, yakni Hector Sanchez Lopez, PhD yang merupakan Senior Researcher di University of Queensland, Australia.

Pada kesempatan tersebut Hector menjelaskan bagaimana cara mengukur kinerja seorang akademisi dalam segi penulisan yang pada akhirnya dapat menentukan ranking universitas, tempat dimana akademisi tersebut menempuh karier. Seorang Hector berdasarkan pengalaman yang dijalaninya, sampai saat ini telah mampu menulis hampir seratur artikel di jurnal internasional.

Ketua Program Studi Pascasarjana Akuntansi, Riana Sitawati PhD, CA, sebagai narasumber kedua memaparkan mengenai strategi menulis artikel untuk dipublikasikan pada jurnal internasional. ”Cobalah hal ini dimulai dengan melakukan pengiriman artikel ke konferensi-konferensi internasional.” ucapnya menyarankan kepada peserta.

Dari hasil diskusi, Ketua LPPM Sutopo, MSi. menyatakan,  akan ada sesi pelatihan berikutnya dengan materi yang lebih mendalam. “Ini perlu dilakukan agar sivitas akademika STIE Dharmaputra Semarang dapat ikut berpartisipasi dalam membawa nama Indonesia ke lingkungan akademik internasional.” tandasnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan