Thursday, April 18, 2024
   
TEXT_SIZE

Pelatihan Metode Evaluasi Osce di Stikes PKU

Solo-kopetis6.or.id - STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta bekerja sama dengan BPK (Bagian Pendidikan Kedokteran) FK UGM  Jogjakarta, adakan Pelatihan Metode Evaluasi OSCE Bagi Dosen Tetap STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta.

Pelatihan yang berlangsung  selama 3 hari, yaitu tanggal 30 Juli – 1 Agustus 2015 tersebut,  mendatangkan nara sumber  Dr.Tridjoko dan Dr. E. Suryadi dari BPK FK UGM Yogyakarta.

Ketua Stikes PKU Muhammadiyah Weni Hastuti S.Kep., M. Kes menyampaikan, Pelatihan Evaluasi OSCE  dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas  tenaga pendidik kami yang nantinya dapat diimplementasikan untuk mempersiapkan mahasiswa STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta menghadapi uji kompetensi yang akan datang. “Semoga mahasiswa  mempunyai bekal dan persiapan yang kuat dalam mempersiapkan ujian kompetensi bila mana metode OSCE ini diterapkan.” harapnya.

Materi di hari pertama, disampaikan narasumber tentang konsep metode OSCE dan penyusunan soal yang meliputi : Assessment dalam pendidikan, Blue print assessment OSCE nasional, Pengembangan OSCE, Template soal OSCE, Penyusunan Rubric/ Skala rating atau instrumen observasi, Pasien Standardized Tempat & Fasilitas Penyelenggaraan OSCE, Persiapan dan Pemahaman menjadi Penguji serta Pelatihan Pasien Simulasi. Sedangkan hari kedua pelatihan, praktek  penerapan metode OSCE yang meliputi : Lanjutan Pelatihan Pasien Simulasi, Persiapan Kandidat Persiapan dan Pemahaman menjadi Penguji, Persiapan tempat & perlengkapan ujian, Pemahaman Soal oleh Penguji Pemahaman Peran Oleh PS Latihan menyelenggarakan OSCE. Adapun hari ketiga pelatihan : Standard Setting, Feedback & Refleksi, serta evaluasi pelatihan dan acara penutupan.

COMMUNITY

Materi Pelatihan