Tuesday, April 16, 2024
   
TEXT_SIZE

Protokol Tidak Sekedar Pembawa Acara

Semarang-kopertis6.or.id- Lokakarya Tata Cara Keprotokolan Pelaksanaan Upacara Akademik PTS Kopertis VI Jateng angkatan I yang digelar selama tiga hari (20-22 Agustus 2015) dengan nara sumber Prof. Dr. Ali Imron Al Ma’ruf (UMS), Ariani Widiastuti, SE (UNNES), Martha Sasongko, S.P.Si (praktisi), di buka oleh Sekretaris Pelaksana, Sri Sujanti.

Menurut Prof. Dr. Imron, target dari lokakarya ini untuk melahirkan para protokol yang handal dalam arti menguasai tugas, fungsi dan tanggungjawab ketika peserta nanti kembali di lembaganya masing-masing. “Tupoksinya mengatur upacara akademik, seperti wisuda, dies natalis, MoU, pengukuhan Guru Besar.” katanya.

Menurutnya, saat ini masih ada sebagian orang yang memiliki anggapan bahwa  petugas protokol sama dengan pembawa acara. “Anggapan tersebut salah kaprah. Pembawa acara hanya bagian dari protokol, karena protokol bertanggungjawab terhadap keseluruhan acara” jelas Guru Besar UMS.

Dari lokakarya ini dirinya berharap, setelah kembali ke kampus untuk menyampaikan hasil dari lokakarya ini kepada masing-masing pimpinannya, serta menularkan kepada teman-teman, sehingga ke depan dalam melaksanakan tugas keprotokolan dapat dilakukan dengan baik dan benar.

Sedangkan Martha dalam materinya memaparkan, untuk menjadi pembawa acara yang baik ada ketentuan yang harus dipenuhi, yakni percaya diri, memiliki jiwa pemimpin, berkomunikasi dengan baik dan berpengetahuan yang luas. “Pokoknya untuk menjadi pembawa acara jangan latah, jangan pernah mengomentari sambutan, serta intonasi jangan monoton yang bikin jenuh dan ngantuk audien.” tegasnya.

Peserta angkatan I diikuti 40 PTS,  dan akan ditindaklanjuti dengan angkatan II yang akan berlangsung pada minggu ini.

COMMUNITY

Materi Pelatihan