Tuesday, September 29, 2020
   
TEXT_SIZE

Stikes Karya Husada Akan Bentuk LSP

Semarang-kopertis6.or.id –  Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk Keperawatan dan Kebidanan saat ini dapat dikatakan belum ada di Jateng. Untuk itu, Stikes Karya Husada Semarang berkeinginan membentuk lembaga tersebut.

“Rencana di tahun 2016 kami mau menyusun LSP untuk Keperawatan dan Kebidanan. Kalau ini terealisasi, tentu saja  Stikes Karya Husada menjadi pionier.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Stikes Karya Husada, Dr. Fery Agusman MM.M.Kep.SpKom saat gelar  Wisuda ke-36 institusinya yang berlangsung di Masjid Agung Jawa Tengah, Selasa, 6 Oktober 2015.

Fery menjelaskan, persyaratan utama pembentukan LSP salah satunya yakni berbadan hukum. “Ini sudah dapat kita penuhi. Rencana, LSP diadakan dilingkungan Stikes Karya Husada, namun bukan semata-mata hanya untuk kepentingan internal, akan tetapi juga eksternal. Pada aspek ini kami akan terus melakukan penguatan untuk oditor bagi teman-teman staf pengajar, dan mereka segera kami latih menjadi asesor kompetensi.” katanya.

Langkah yang perlu ditempuh, lanjut Fery, adalah segera mendaftarkan ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), hingga kita bisa memberikan sertifikasi terhadap lulusan, utamanya untuk  keperawatan dan kebidanan.” walaupun upaya ini sebenarnya hanya penguatan terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh negara, khususnya untuk uji kompetensi yang melalui MTKI maupun MTKP. “ ungkap Ketua Stikes Karya Husada.

Sedangkan mengenai wisudawan yang diwisuda pada hari ini, Fery  menandaskan  bahwa sebelum mereka mengakhiri pendidikan wajib magang di rumah sakit. “Tahun ini kami bekerjasama dengan beberapa Rumah Sakit untuk magang bagi mahasiswa selama tiga bulan. Dengan harapan mereka benar-benar menjadi lulusan yang siap kerja.

Wisuda Stikes Karya Husada Semarang kali ini diikuti mahasiswa dari lima progdi, yaitu Profesi Ners dengan jumlah lulusan 72 mahasiswa, Keperawatan (S1) dengan jumlah lulusan 49 mahasiswa, Kebidanan (DIV) dengan jumlah lulusan 151 mahasiswa, Keperawatan (DIII) dengan jumlah lulusan 66 mahasiswa, Kebidanan (DIII) dengan jumlah lulusan 80 mahasiswa.

COMMUNITY

Materi Pelatihan