Wednesday, April 24, 2024
   
TEXT_SIZE

Bersama GHB, Senat Mahasiswa FP UTP Lakukan Penghijauan


Surakarta-kopertis6.or.id - Fakultas Pertanian Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (FP UTP) melalui Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian (SEMA FP) menunjukkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dengan ikut serta sebagai relawan penanaman 10.000 pohon  yang diadakan oleh organisasi Gerakan Hijau Bumi (GHB).

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 29 november 2015 tersebut,  bertempat di kawasan hutan sadiman Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, Kab Wonogiri. Sekitar 30 orang anggota Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (SEMA FP UTP) menunjukkan kepedulianya untuk melestarikan kawasan sekitar hutan sadiman.

Gundulnya kawasan hutan sadiman Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, Kab Wonogiri,  mengakibatkan kawasan tersebut rawan terjadinya erosi, bahkan longsor pada saat turun hujan, sehingga perlu dilakukan pelestarian di kawasan hutan sadiman dengan cara melakukan penanaman pohon. Selain itu, tujuan dari kegiatan penghijauan ini agar tercipta kondisi alam yang baik dan bermanfaat bagi pendapatan ekonomi masyarakat.

“Kita berharap pelaksanaan penanaman 10.000 pohon ini berjalan lancar tanpa hambatan. Dengan mengikuti kegiatan penghijauan diharapkan Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian mampu memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat setempat agar menjaga lingkungan hutan sadiman tetap hijau. “ kata Ketua Senat Fakultas Pertanian UTP Surakarta.

Anggota SENAT Fakultas Pertanian UTP surakarta berangkat dari Solo menuju lokasi penanaman pohon di kec. Bulukerto pada jumat, 27 november 2015, dengan disambut  panitia dan warga sekitar. Selanjutnya, dilakukan pembuatan lubang tanam pada lokasi yang akan dillakukan penghijauan. Kegiatan utama yaitu penanaman pohon dilakukan pada hari minggu 29 november, diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh bupati Wonogiri, Danar Rahmanto dan dilanjutkan dengan penanaman pohon.

COMMUNITY

Materi Pelatihan