Friday, February 28, 2020
   
TEXT_SIZE

UMP Helat Lomba Matematika Tingkat Nasional


Purwokerto-kopertis6.or.id – Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein apresiasi lomba Matematika nasional tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (HIMATIKA FKIP UMP)  yang berlangsung belum lama ini. Tercatat ada 828 peserta, terdiri dari berbagai sekolah di Indonesia, yakni 336 peserta SD/MI, 249 peserta SMP/MTS, dan 243 peserta SMA/MA.

Achmad Husein mengatakan, matematika tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. “Matematika merupakan modal utama untuk menganalisa masalah dalam berbagai aspek kehidupan. Bagi anak yang gemar matematika, adalah calon pemimpin yang dapat menyelesaikan masalah kehidupan (problem solver).” tandasnya.

Wakil rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir. Aman Suyadi MP  berharap, lomba ini hendaknya dapat dimanfaatkan secara optimal oleh guru pendamping untuk melihat potensi akademik siswa di bidang matematika.

Dia menjelaskan, UMP memiliki komitmen tinggi untuk ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahkan, lulusan UMP bukan hanya siap menjadi kader persyarikatan tetapi juga masyarakat dan negara.

Pemenang, 3 terbaik. Pada Tingkat SD/MI juara 1 disabet oleh Rizky Budi Saputra dari SD N Mersi, juara 2 Haikal Haydar Putra SDK Tritunggal Semarang, juara 3 Muhammad Samudra dari SD N 1 Kutosari. Sedangkan untuk SMP/MTS juara 1 disabet oleh Claudeon Reinard Susanto dari SMP PL Domenico Savio, juara 2 Justin Adrian Halim dari SMP PL Bintang Laut, juara 3 Markus Leonard Wijaya dari SMP Theresiana 1. Kemudian untuk tingkat SMA/SMK/MA juara 1 di raih olehAlina Nurul Faisa dari SMA N 2 Purwokerto, juara 2 Ali Purnomo Sidik dari SMA N 1 Cilacap, juara 3 Hanif Ainurrizqi Aryadi dari SMA Kesatuan Bangsa Bantul. Semua pemenang bukan hanya mendapatkan tropi juara tetapi penghargaan dari UMP.

COMMUNITY

Materi Pelatihan