Sunday, February 23, 2020
   
TEXT_SIZE

Upacara Akademik, Tradisi Akademik Perguruan Tinggi


Salatiga-kopertis6.or.id - Upacara akademik merupakan salah satu tradisi yang terdapat dalam kehidupan kampus perguruan tinggi (PT). Lazimnya upacara akademik diselenggarakan di kampus berkaitan dengan peristiwa yang terjadi dalam proses pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Demikian diungkapkan Prof. Dr. Ali Imron Al Ma’ruf, M.Hum dalam kegiatan Lokakarya, Tata Cara Upacara Akademik PTS di Lingkungan Kopertis Wilayah VI Angkatan I Tahun 2016 yang diselenggarakan di Hotel Le Beringin Salatiga (2-4/3).

Lebih lanjut dinyatakan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tersebut bahwa sebagai bagian dari tradisi akademik di PT, upacara akademik harus dirancang sehingga dapat mencerminkan budaya akademik. “Oleh karena itu, segala hal yang berkaitan dengan upacara akademik harus mengandung simbol akademik itu sendiri”, ungkapnya.

Narasumber lain, Hendi Saputra, S.Pd., M.A., memberikan materi tentang dasar menjadi seorang Master of Ceremony (MC) akademik. Diungkapkan bahwa seorang MC dalam upacara akademik mempunyai peranan penting dalam keberlangsungan acara. Seorang MC upacara akademik dituntut dapat membawakan acara secara formal dan bersikap sebagai narator acara.

Hal lain yang berkaitan erat dengan penyelenggaraan upacara akademik adalah keprotokolan. “Upacara akademik tidak bisa dilepaskan dari keprotokolan sesuai dengan Permendiknas No. 47 Tahun 2006, ada pedoman keprotokolan yang harus dilakukan”, demikian diungkapkan Ariyani Widyastuti, S.E., protokoler Universitas Negeri Semarang (UNNES). “Protokoler bertanggung jawab dalam pengaturan tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan”, lanjutnya. Peserta lokakarya kemudian dibagi menjadi 5 kelompok dan diberi tugas simulasi penyelenggaraan upacara akademik.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini ditutup oleh Kepala Bagian Umum, Hendradi Sulistyawan, S.H., mewakili Koordinator Kopertis Wilayah VI. “Diharapkan setelah lokakarya akan ada panduan tentang penyelenggaraan upacara akademik bagi PTS, sehingga ada standar baku upacara akademik PTS di lingkungan Kopertis Wilayah VI”, pungkasnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan