Friday, February 21, 2020
   
TEXT_SIZE

UTP PERKUAT SOFTSKILL

Surakarta-kopertis6.or.id - Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta ke depan akan memperkuat  kemampuan softskill bagi para mahasiswanya. Kemampuan softskill sangat diperlukan dalam memenangkan kompetisi di pasar kerja. Apalagi kita harus bersaing dengan tenaga kerja dari negara-negara Asean.

Hal tersebut disampaikan rektor UTP Surakarta, Prof. Dr. Ongko Cahyono saat menyampaikan   paparan di depan Majelis Wali Amanah UTP dan Dewan Pembina Yayasan, baru-baru ini.

UTP mempunyai program pengembangan softskill yang diambil dari spirit para pendiri UTP yang dikenal sebagai Triciri Tentara Pelajar, yakni Kepeloporan-Kemandirian dan Patriotisme.” Nilai-nilai  ini yang akan kita perkuat pada diri setiap mahasiswa UTP.  Kemampuan akademik saja tidak cukup untuk bisa bersaing dalam era persaingan global ini.” bebernya.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua Majelis Wali Amanah UTP, Prof Dr. Satrio Sumantri Brodjonegoro.  Berdasarkan pengamatannya, pada umumnya SDM lulusan S1 di Indonesia  memiliki kelemahan dalam hal attitude, terutama kurang mau bekerja keras, analisisnya kurang, kecepatan membacanya kurang.

UTP harus mengisi kekurangan tersebut dengan mengimplementasikan nilai-nilai yang ada pada Triciri.  “Hal ini bisa dimulai dari para dosen dan tenaga kependidikannya terlebih dahulu.” demikian ujar Satrio yang juga mantan Dirjen Pendidikan Tinggi itu.

Dalam kesempatan ini turut hadir para wakil rector, para pimpinan Fakultas, dan ketua Dewan Pembina YPTTP, Ir. Agung Nugroho dan ketua Dewan Harian, Drs. Emon Prasetyo.

COMMUNITY

Materi Pelatihan