Friday, February 21, 2020
   
TEXT_SIZE

TANAMKAN SEMANGAT SAMURAI BERSAMA SAMURAI KENBUJUTSU INDONESIA


Semarang-kopertis6.or.id- Sesuatu yang berbeda ada di kampus Unisbank Jl. Tri Lomba Juang, No. 1, Semarang pada Sabtu, 26 Maret 2016. Beberapa orang berpakaian ala Samurai (Kesatria Jepang) tampak memasuki ruang seminar lantai 9. Mereka berasal dari Samurai Kebujutsu Indonesia yang sedang mengadakan kegiatan bertema Bushido Spirit Samurai, dengan materi Learn Japanese Ethnic and Leadership from Samurai.

Kegiatan  tersebut diselenggarakan atas kerjasama Unisbank dan Samurai Kenbujutsu Indonesia yang dihadiri  Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dwi Agus Diartono, S.Kom, M.Kom, Maryono, A.Kp, SE, MM, Ak, serta Motivator dari MCBC Unisbank,  Bambang, SP, yang hadir untuk membuka acara. 

Dwi Agus menyampaikan, budaya Jepang memiliki banyak hal yang sangat menarik, semoga dengan semangat Bushido, bisa memotivasi peserta seminar untuk maju, dan hidup lebih baik.

Bushido, berasal darin kata “bushi” yang artinya pendekar, dan “do” yang artinya jalan. Bushido adalah jalan hidup pendekar yang ada di Jepang. Bushido adalah satu ajaran yang selalu dipakai oleh Samurai (Kesatria Jepang) dalam menapaki jalan hidupnya.

Hadir langsung, Shihan (Guru) dari Jepang, yaitu Kawazu Yoshimasa, beliau adalah Master Samurai dari seluruh Jepang, M. Edi Suharyawan, S.Ikom, CHC, Master Trainer yang juga menjadi Guru di Samurai Kenbujutsu Indonesia, serta beberapa rekanya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Samurai Kebujutsu Indonesia, bertujuan untuk menerapkan hal hal positif dari semangat Ksatria Samurai, khususnya kepada generasi muda. Tidak hanya itu, pembicara pada seminar ini juga membagikan ilmu-ilmu dari budaya negara Jepang, dalam bekerja, berperilaku sehari hari, disiplin, hormat dan tegas dari negara Jepang, sehingga negara Jepang bisa menjadi maju seperti sekarang.

"Kenbujutsu adalah seni tari di Jepang yang menggunakan Pedang atau Katana Laito atau Pedang Tumpul,” ujar Kawazu dalam bahasa Jepang, yang diterjemahkan oleh Edi.

Edi juga menyampaikan, dengan Kenbujutsu kita belajar tentang Bushido, yaitu nilai-nilai yang dianut para Ksatria Samurai. Sikap, mental,  dan sifat yang jujur, berani, setia dan memegang teguh komitmen pada kebenaran merupakan ciri khas karakter Bushido para Ksatria Samurai.

COMMUNITY

Materi Pelatihan