Saturday, September 26, 2020
   
TEXT_SIZE

Universitas Stikubank dan Chulalongkorn Thailand Lakukan Riset dan Pembelajaran Bersama


Bangkok-kopertis6.or.id - Tanggal 21 - 30 Maret 2016, dua dosen Manajemen Informatika (MI), Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Stikubank (UNISBANK), Sunardi, S.Kom., M.Cs. dan Sri Mulyani, S.Kom., M.Kom. mengikuti acara riset dan belajar bersama Professor dan mahasiswa Universitas Chulalongkorn, Thailand dengan materi “Printing Standardization and Quality Control in Offset Printing” di Fakultas Sains di Universitas Chulalongkorn, Bangkok, Thailand.

Pada kesempatan ini dosen MI UNISBANK didaulat untuk berbagi pengetahuan terkait dengan riset yang dilakukan di “Department of Imaging and Printing Technology” sesuai standar ISO 12647-2 di kelas bersama mahasiswa S1 Fakultas Sains. Dimana riset tersebut dilakukan selama satu minggu di Pabrik Printing Chulalongkorn, Thailand.

Sesi kelas ini membahas tentang standarisasi warna pada teknologi printing digital dan offset sesuai dengan ISO 12647-2 dan FOGRA 39 yang diawali dengan proses Kalibrasi Monitor dan Printer, dan akhirnya diperoleh tabel dan grafik nilai warna yang sesuai dengan batas toleransi ± 0.05.

Pada kesempatan sebelumnya, dosen D3-MI UNISBANK juga ikut bergabung dalam pemaparan riset antar perguruan tinggi lintas negara bersama Professor Aran Hansuebsai (Chulalongkorn), Professor Yasushi Kiyoki, Ph.D., Shiori Sasaki, Ph.D., dari Keio University, Jepang.

Kegiatan riset, dan pembelajaran terkait dengan desain grafis, kreasi digital, desain kemasan, dan bidang IT lainnya bisa terselenggara berkat kerjasama antara Unisbank Semarang dengan Universitas Chulalongkorn, Thailand untuk meningkatkan kualitas lulusan IT khususnya Manajemen Informatika.

Professor Aran Hansuebsai, Ph.D. dari Departemen Teknologi Printing dengan setia berbagi pengalaman dalam industri printing di Thailand termasuk kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran bersama mahasiswanya kepada kedua dosen D3-MI UNISBANK. Prof. Aran selain menjadi dosen di Chulalongkorn, juga menduduki beragam jabatan antara lain: Pusat Riset Industri Printing, Jurnal Printing dan Kemasan, Museum Teknologi Imaging, Departemen Teknologi Printing dan Imaging.

Dengan berbagai pengalaman di bidang teknologi printing itulah yang bisa menjadi wasasan dan meningkatkan mutu Dosen Unisbank  dalam pembelajaran yang diharapkan mampu membekali mahasiswa yang siap bersaing di era MEA. Sebagaimana yang dilansir dalam harian Republika, Sabtu, 26 Maret 2016, 06:10 WIB bahwa SDM Indonesia bidang grafika, kemasan, desain grafis, produk digital kreatif, dan lainnya sejajar dengan bangsa lainnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan