Tuesday, September 29, 2020
   
TEXT_SIZE

Kembangkan Kewirausahaan, Unisbank Semarang Gandeng Bank Jateng



Semarang-kopertis6.or.id - Tahun 2015 jumlah pekerja di Jawa Tengah yang terkena PHk sejumlah 7.608 orang, sedangkan data BPS tahun 2015 juga menyebutkan jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 75,6 juta orang. Sementara itu diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan mempersempit peluang kerja karena harus bersaing dengan pekerja asing, yang hingga saat ini ada ada 69.025 pekerja asing di Indonesia. Berbagai persoalan ini, solusinya adalah mengembangkan ekonomi kreatif atau mendorong masyarakat untuk berwirausaha. Demikian disampaikan ketua KADIN Jateng Kukrit Suryo WIcaksono pada acara "Sambung Rasa, Menghubungkan Ide dan Realisasi Mahasiswa” yang digelar oleh Unisbank Semarang, Rabu (4/5).

Narasumber lain, Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno menyatakan Bank Jateng berkomitmen mengembangkan ekonomi masyarakat termasuk mendorong usaha baru yang dilakukan mahasiswa. Konsep pemberian kail yaitu dengan menumbuhkan usaha baru dan memberikan permodalan yang mudah tanpa agunan dan dengan bunga rendah. “Kita akan memberikan plafon sampai dengan 2 juta rupiah dan kita targetkan tahun ini jumlah debiturnya menjadi 25.000 orang se-Jawa Tengah, kita akan kucurkan permodalan sebesar 50 milyar secara bertahap,” jelasnya.

Rektor Unisbank, Dr. H. Hasan Abdul Rozak, SH., CN., M.M menyambut gembira atas peluang ini. “Secara konkrit hari ini kita akan menandatangani nota kesepahaman antara Unisbank Semarang, Bank Jateng dan Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah,” ungkapnya. Kerjasama ini diharapkan dapat menumbuhkan kewirausahaan yang sudah dilakukan oleh mahasiswa Unisbank. Ini merupakan bagian dari rencana strategis Unisbank sebagai perguruan tinggi swasta yang berbasis Entrepreneural, IT Based University.

“Tahun 2018 Unisbank menargetkan 3 (tiga) kluster bisnis mahasiwa, yaitu Teknologi, Industri Kreatif dan Agribisnis. Diharapkan pula, dari nota kesepahaman ini Bank Jateng bersama Dinas Koperasi dan UMKM Jateng dapat bersinergi mendampingi kewirusahaan mahasiswa Unisbank, pinjaman permodalan dan berkoordinasi dengan mitra lainnya untuk menumbuhkan ekonomi di Jawa Tengah,” harap Rektor.

Seusai diskusi, Rektor Unisbank Semarang bersama dengan Ir. Gayatri Indah Cahyani, Ketua Dinas Koperasi dan UMKM jateng, Supriyatno, Dirut Bank Jateng, dan ketua Kadin Jateng Kukrit Suryo WIcaksono memotong pita sebagai tanda dimulainya ekspo kewirausahaan oleh mahasiswa Unisbank Semarang. Tercatat ada 118 usaha mahasiswa yang ikut berpartisipasi dalam ekspo tersebut, mulai dari kuliner, kerajinan, teknologi hingga garmen.

COMMUNITY

Materi Pelatihan