Thursday, February 27, 2020
   
TEXT_SIZE

Simulasi PPGD Oleh Stikes PKU Muhammadiyah Solo



Solo-kopertis6.or.id — Sebanyak 106 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) PKU Muhammadiyah Solo melakukan simulasi penanganan kecelakaan lalu lintas di Kampung Jetis Kadipiro Surakarta, baru-baru ini.

Disampaikan oleh Humas Stikes PKU Muhammadiyah Solo, Teguh Wahyudi, bahwa saat ini banyak sekali kejadian di sekitar kita berupa kecelakaan yang sifatnya massal dan menimbulkan banyak korban, baik meninggal maupun luka yang berakibat cacat seumur hidup.

“Oleh karena itu, STIKES PKU Muhammadiyah Solo membekali mahasiswa dengan kegiatan simulasi agar di masa mendatang, baik mahasiswa maupun alumni STIKES PKU Muhammadiyah Solo menjadi garda terdepan dan siap melaksanakan pertolongan pertama” katanya

Dia menjelaskan, simulasi ini bekerjasama dengan berbagai institusi, diantaranya Instruktur dari Tim 119 Jakarta, Lakalantas, PMI cabang Surakarta, Laziz MU, FKPM Kadipiro dan stake holder yang terkait.

Ketua Pelaksana Anis Prabowo SKM., M.Giz menambahkan, simulasi ini dilaksanakan setelah  peserta  mengikuti pelatihan selama 3 hari, dengan materi diantaranya pengelolaan kasus Trauma Capitis, trauma thorax, trauma abdomen, penanganan luka dan pendarahan,  strain, sprain dan fraktur serta luka bakar.

“Peserta juga mendapat materi Praktek Triage Bencana CPR/Resustasi Jantung Paru, EKG, Air way Management dan intubasi Pemakaian alat-alat Emergency dan Evakuasi Balut Bidai/ Fiksasipada Trauma PraRumahsakit, Initial Asessment.” jelas Anis.

COMMUNITY

Materi Pelatihan