Saturday, May 30, 2020
   
TEXT_SIZE

Hendritanto DP (UKSW) Juara I Dosen Berprestasi Kopertis VI Tahun 2016

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id – Perhelatan rutin tahunan bertajuk Pemilihan Dosen Berprestasi Kopertis VI 2016 berlangsung kemarin, Selasa, 26 Juli 2016. Berdasarkan penilaian dari tim juri yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Slamet Imam Wahyudi, DEA (Unissula), Prof. Ferdy S Rondonuwu, S.Pd.M.Si,Ph.D (UKSW), dan Dr. Angelina Ika Rahutami, M.Si (Unika), menempatkan Hendritanto Dwi Purnomo, ST,MIT,Ph.D (UKSW) sebagai juara I, Dr. Yustina Trihoni Nalesti Dewi, SH,M.Hum (Unika Soegipranata) sebagai juara II, Dr. Asmiyenti Djalasrin Djalil, S.Si, M.Si (Univ. Muhammadiyah Purwokerto) sebagai juara III.

Prof. Imam Wahyudi menjelaskan, pemilihan dosen berprestasi untuk penilaian sudah ada kriteria-kriteria yang ada dalam pedoman, baik itu yang diselenggarakan di tingkat wilayah maupun nasional. Pertama, untuk des evaluasi ada tiga aspek yang menjadi penilaian, yaitu keunggulan di bidang tri dharma perguruan tinggi, seperti pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Keunggulan di bidang pendidikan meliputi karya-karya buku yang telah diterbitkan, seperti buku referensi, buku ajar, maupun buku untuk kalangan umum dan pengembangan metode pengajaran. “Untuk penelitian, meliputi penelitian dengan kualitas tinggi dan juga luaran dari hasil penelitian berupa hak paten dan publikasi nasional maupun internasional maupun karya-karya yang implementatif. Adapun untuk pengabdian kepada masyarakat, yakni melalui pengaplikasian ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat, atau mengembangkan teknologi tepat guna.” jelas Guru Besar Unissula tersebut.  

Mengenai presentasi, lanjutnya,  berupa karya unggulan yang dipresentasikan. Karya unggulan tersebut masing-masing peserta berbeda, ada karya unggulan di bidang penelitian, produktivitas buku, ada pula yang  karya unggulan dipengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan teknologi.

Prof. Imam menegaskan, bobot penilaian untuk des evaluasi berada dipenelitian, sedangkan dipresentasi bobot penilaian meliputi beberapa aspek, yakni kemanfaatan karya unggulan, pengembangan iptek dari karya unggulan, level karya unggulan, skill dalam hal komunikasi dalam bahasa Inggris serta kepemilikan wawasan secara umum terhadap perkembangan dunia internasional maupun nasional.

Dari UKSW di bidang  teknologi informasi telah menerapkan program implementatif untuk berbagai bidang kegiatan, diantaranya kegiatan peramalan cuaca serta beberapa kegiatan lain seperti trasportasi dan penerbangan. “Program yang diciptakan dapat implementatif untuk berbagai bidang kegiatan di masyarakat.” katanya.

Prof. Ferdy menambahkan,  tim juri senantiasa konsisten dalam melakukan penilaian, sehingga berupaya untuk seobyektif mungkin dalam memberikan penilaian kepada masing-masing peserta.

Selain Pemilihan Dosen Berprestasi, Kopertis juga melakukan pemilihan untuk tenaga kependidikan yang meliputi Pemilihan Kaprogdi Berprestasi, Laboran Berprestasi, Pustakawan Berprestasi, Pengelola Keuangan Berprestasi, Administrasi Akademik Berprestasi

Kepada juara I, II, dan III selain mewakili PTS Jateng di tingkat nasional, juga menerima Tropy, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan dari Koordinator Kopertis VI yang akan diserahkan bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI pada bulan Agustus mendatang.

COMMUNITY

Materi Pelatihan