Tuesday, September 29, 2020
   
TEXT_SIZE

FEB Untag Gelar Gebyar Kewirausahaan



Semarang-kopertis6.or.id - Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas 17 Agustus 1945  (UNTAG) Semarang baru-baru ini menyelenggarakan Gebyar Kewirausahaan.

Acara yang berlangsung di Kampus Imam Bonjol Semarang tersebut, berlangsung ketiga kalinya dengan tema “Membangun Kemandirian Mahasiswa untuk Menumbuhkan Jiwa Wiausaha”.

Drs. JokoRiyanto SE MM selaku Ketua penyelenggara mengatakan,  gebyar kewirausahaan  2016 ini terdapat 38 kelompok bisnis dari mahasiswa, mulai dari kewirausahaan berbasis kuliner, kerajinan, produk kreatif, dan jamu tradisional.

“Even ini merupakan implementasi nyata dari kuliah kewirausahaan yang telah ditempuh mahasiswa. Pada akhir kegiatan, pihaknya akan memberikan penghargaan kepada kelompok mahasiswa yang dinilai mempunyai kreativitas  tinggi.” ucapnya

Joko menjelaskan, pengembangan jiwa kewirausahaan dapat diimplementasikan melalui pemberian dukungan, advokasi dan fasilitasi kepada mahasiswa untuk mengeplorasi kemampuan mempraktekkan ide / gagasan kewirausahaannya.

“Gelar kewirausahaan diselenggarakan untuk mengembangkan bakat kewirausahaan, sekaligus memperkuat kompetensi yang dimiliki. Hal ini dikarenakan dimensi pendidikan tidak menyentuh aspek hard skill saja, tetapi juga soft skills. Sehingga, memperoleh pendidikan yang utuh sebagai pengembangan diri ke arah lebih baik. Dengan demikian, setelah menyelesaikan studi diharapkan mahasiswa dapat mandiri, kreatif, dan mampu melakukan inovasi” ulasnya

Dekan FEB Untag Semarang,  Dra.Nur Chayati SE MSiAkt CA menambahkan, kegiatan Gebyar Kewirausahaan tahun ini merupakan rangkaian kegiatan seminar kewirausahaan dengan mengundang alumni yang telah berhasil berwirausaha.

“Banyak pihak yang memberikan fasilitas kewirausahaan, seperti bank, Dinas Koperasi dan UMKM, serta masyarakat lainnya. FEB Untag Semarang akan melakukan MOU dengan Tangan Terampil –  lembaga penggerak UMKM Kota Semarang.” jelas Nur

Dia menekankan, kegiatan lanjutan yang dilakukan FEB Untag adalah  untuk menumbuhkan wirausaha dalam bentuk seminar wirausaha, forum komunikasi alumni berwirausaha, dan uji kompetensi bekerja sama dengan BNSP. “Semua kegiatan tersebut sebagai penerapan kurikulum  berbasis KKNI yang telah diterapkan FEB Untag Semarang. Kedepan mahasiswa diharapkan melengkapi usahanya dengan business plan sehingga lebih berkembang.” tegasnya.

Rektor Untag Semarang Dr. Drs. H. Suparno, MSi saat membuka acara  mengapresiasi kegiatan gebyar kewirausahaan FEB Untag Semarang ini, sebagai bentuk kongkrit mata kuliah kewirausahaan.

“Even ini merupakan suatu dorongan untuk maju bersama, sebagaimana pepatah Jawa mengatakan “tangan kemlawe pasti kemlamet, ada ide kreatif pasti datangnya dari jari-jemari, dituangkan dalam otak, dan dikerjakan hasilnya luar biasa apabila mau dan mampu”. kata rektor.

Untuk itu, rektor  beserta jajaran berterima kasih FEB Untag Semarang telah mewadahi mahasiswa mengembangkan potensi sehingga dapat dilihat dan dinikmati bersama.

Tampak gambar: Rektor Untag, Suparno saat mengunjungi salah satu stand

COMMUNITY

Materi Pelatihan