Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Pengajuan Akreditasi Institusi A, Dari Kopertis VI Belum Lolos

Banyumas-kopertis6.or.id – Penyelenggaraan Wisuda Stikes Harapan Bangsa Purwokerto ke-15 yang berlangsung di Java Heritage Hotel pada Kamis, 26 Januari 2017, dari Kopertis VI tampak hadir Sekretaris Pelaksana (Sespel), Amsar, SH, MM.

Saat membacakan sambutan tertulis Koordinator, Prof. DYP. Sugiharto, Amsar menyampaikan mengenai isu-isu terkini terkait empat item penting yang menjadi prioritas program kerja Kopertis VI di 2017.

“Isu penting tersebut meliputi peningkatan akreditasi institusi, peningkatan akreditasi program studi, peningkatan jabatan fungsional akademik (JAFA) bagi dosen, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terpublikasi.” jelas Amsar

Mengenai peningkatan akreditasi institusi, dari 249 jumlah PTS di Jateng, belum ada satupun yang melekat akreditasi A. Dari hasil pengumuman yang dikeluarkan Kemenristekdikti tertanggal 22 Januari 2017, terdapat 49 perguruan tinggi yang terakreditasi A, meliputi 29 PTN, 3 PTAI, 2 PTK dan 15 PTS. Dari 15 PTS yang tersebar di seluruh Indonesia, beberapa PTS di Jateng yang melakukan pengajuan untuk meraih akreditasi A, belum berhasil lolos.

“Sebagaimana kata orang bijak, kegagalan merupakan sukses yang tertunda, sehingga diharapkan ini akan semakin memotivasi kita untuk meraih keberhasilan di waktu mendatang,” tegasnya

Pada kesempatan tersebut, Sespel juga menyampaikan harapan Kemenristekdikti kepada Kopertis yang meliputi penyiapan diri untuk menjalankan tugas evaluasi usulan mendirian progdi yang menyangkut SDM Kopertis, Sistem, instrumen, evaluasi. Selanjutnya, proaktif dalam mencegah/menyelesaikan konflik di PTS, melakukan pendampingan peningkatan akreditasi progdi dan institusi, serta menyelesaikan status dan gaji dosen yang pada tanggal 1 Januari 2016 masih belum berpendidikan S2.

Terhadap apa yang disampaikan tersebut, Ketua STIKES Harapan Bangsa Purwokerto, dr. Pramesti Dewi, M.Kes  menyambut baik apa yang menjadi prioritas Kopertis. “Ini yang dinamakan sinergi, dan kami siap melakukan.

Ia mengatakan, di lembaganya untuk JAFA dosen sedang dilakukan peningkatan dari Asisten Ahli ke Lektor. Selanjutnya, mengenai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta applaud hasil penelitian ke jurnal. Begitu pula untuk status akreditasi.

“Di tempat kami untuk progdi Farmasi masih terakreditasi C. Karena termasuk progdi baru, maka tahun depan kami upayakan peningkatan menjadi terakreditas B. Sedangkan untuk akreditasi Institusi, mengenai persyaratan sudah kita kirimkan, semoga dalam waktu dekat suda ada visitasi dari BAN-PT.” harap Ketua Stikes Harapan Bangsa.

Dewi menjelaskan, belum lama ini tiga dosennya baru terima SK JAFA Asisten Ahli, sedangkan saat ini masih ada dosen yang berproses dari Asisten Ahli ke Lektor.  

Tampak gambar : Sespel terima kenang-kenangan dari penyelenggara pendidikan Dwi Puspita usai memyampaikan sambutan.

 

  

COMMUNITY

Materi Pelatihan