Thursday, October 01, 2020
   
TEXT_SIZE

Kopertis VI Launching “SIJAGO”

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id -  Direktur Karier dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenristekdikti, Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd. MA didampingi Koordinator Kopertis VI, Prof. Dr. DYP. Sugiharto, M.Pd.Kons dan Sekretaris Pelaksana, Amsar, SH.MM, serta Rektor UNISBANK, Dr. Hasan Abdul Rozak pagi tadi Jumat, 3 Maret 2017 pukul 08.30 melakukan launching Sistem Informasi Jabatan Fungsional Go Online (SIJAGO)  melalui penekanan tombol.

Menurut Prof. Dr. Bunyamin, penerapan sistem online pelayanan JAFA sudah lama dilakukan di Kemenristekdikti. Namun, untuk Kopertis se Indonesia ini yang pertama kalinya. “Saya apresiasi langkah yang ditempuh Kopertis VI. Semoga ini akan diikuti atau menjadi rujukan bagi Kopertis lain maupun PTN.” harapnya

Prof. DYP dalam kesempatan yang sama mengatakan, dengan di launchingnya “SIJAGO”, maka pelayanan JAFA mulai 11 Maret 2017 dilakukan secara online. “Selama ini pelayanan JAFA kita lakukan secara konvensional, sehingga banyak kendala yang dihadapi seperti keterbatasan SDM, semakin meningkatnya jumlah usulan JAFA, juga belum keseluruhan regulasi terbaru dipahami, sehingga persyaratan yang diajukan acapkali belum memenuhi persyaratan.” paparnya

Ia menjelaskan, dari 251 PTS di Jateng dengan jumlah 9700 dosen tetap yang dilayani, harus ada terobosan berupa pelayanan yang lebih efektif. “Dengan pelayanan online, pengusul tidak perlu datang ke Kopertis maupun untuk keperluan mengantar berkas usulan. Jika ini dikalkulasi, maka efektivitas biaya luar biasa, begitu pula pelayanan juga lebih cepat.”

Pada aspek lain, lanjut Koordinator, melalui sistem online pada saat proses akan diketahui progresnya.”Kalau kurang persyaratan,  kurangnya apa semakin jelas, sehingga pengusul akan segera melengkapi atau memperbaiki.”Ujungnya adalah peningkatan pelayanan yang lebih baik dari Kopertis VI kepada dosen PTS di Jateng.”

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan