Friday, February 28, 2020
   
TEXT_SIZE

Tingkatkan Kualitas Lulusan, STIKOM Gandeng PWI Jateng

Semarang-kopertis6.or.id - Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi ( STIKOM ) Semarang  menjalin  kerjasama dengan  Persatuan Wartawan Indonesia  Provinsi Jawa Tengah ( PWI Jateng ) dalam  upaya meningkatkan kualitas  lulusan,  agar memiliki  kompetensi  dibidang  jurnalistik. Penandatangan  naskah kerja sama dilangsungkan  saat pembukaan Uji Kompertensi  Wartawan ( UKW ) yang diselenggarakan  PWI  Jateng di Gedung Pers Jateng, jum’at-sabtu ( 20-21/10).

Ketua STIKOM  Semarang, Drs H Gunawan Witjaksana, M.Si  mengatakan, melalui kemitraan dengan organisasi  kewartawanan  ini   para mahasiswa  perguruan tinggi yang dipimpinnya  dapat  mendapatkan bekal dan kemampuan di bidang jurnalistik yang  terus  berkembang pesat.

”Dunia media massa berkembang dan tumbuh pesat.  Sebagai institusi pendidikan tinggi yang  mengembangkan ilmu komunikasi, kami tidak mau ketinggalan. Karena itu, kami menggandeng  PWI Jateng untuk bersama-sama menyiapkan mahasiswa kami agar kelak saat lulus memiliki kompetensi dan profesionalisme di bidang jurnalistik “ kata Gunawan, sabtu seusai penandatangan kerjasama STIKOM – PWI Jateng.

Bentuk kerjasama yang akan dilakukan adalah pendidikan-pendidikan, pelatihan-pelatihan, workshop dan tray out   yang terkait dengan perkembangan dunia jurnalisme . PWI sebagai  organisasi kewartawanan tertua di tanah air saat  ini tengah gencar memberdayakan anggotanya melalui UKW-UKW, agar   meningkat profesionalisme dan memenuhi standar kompetensi yang diinginkan oleh masyarakat melalui dewan pers.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi ilmu komunikasi, STIKOM Semarang secara sistematis   memang  telah memiliki  matari-materi  jurnalisme yang  dirancang  secara sistmatis  dan akademis. Terlebih,  saat ini STIKOM sedang menyelesaikan penyusunan kurikulum  baru untuk mengimbangi dinamika yang berkembang di luar kampus. “Karena itu, tepat sekali rasanya  kami menjalin kerjasama dengan  PWI agar bisa memadukan  sisi akademik dan sisi praktisinya “jelasnya.

Ketua PWI Jateng, H Amir Machmud NS, SH, MH mengapresiasi positif   tawaran STIKOM Seemarang . “ Lembaga pendidikan tinggi memiliki sejarah panjang di bidang jurnalistik. Alumninya  banyak yang berkarier di instutusi-institusi, media  hingga sekarang. Maka wajar kalau  saat ini seiring pesatnya perkembangan media massa  STIKOM  Semarang berkomunikasi secara intens dengan organisasi profesi seperti PWI ini “ kata Amir.

Kerjasama dengan STIKOM Semarang, merupakan kelanjutan dari kemitraan-kemitraan yang dirintis oleh PWI Jateng dengan sejumlah perguruan tinggi di Jawa Tengah. “ Sebelum ini kami sudah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi – perguruan tinggi lain . Namun, konten dan bentuk kerjasamanya berbeda. Kami menyesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan  mitra kerja “ tandasnya.

Penandatanganan kerjasama STIKOM Semarang-PWI Jateng disaksikan Sekda Provinsi Jawa Tengah Dr Ir Sri Puryono, Ketua PWI Pusat ( bidang organisasi ) , Sasongko Tedjo , Para  asesor UKW dan para peserta UKW.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan