Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Mahasiswa FISIP Unisri Peneliti Terbaik di Teras Jateng 2018

Semarang-kopertis6.or.id - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menghadiri acara Temu Regional Administrator Jawa Tengah (Teras Jateng) 2018 yang berlangsung di Universitas Tidar (Untidar) Magelang selama dua hari, 24-27 Februari 2018.

Kegiatan yang merupakan agenda rutin tahunan forum ilmiah antar mahasiswa Ilmu Administrasi Negara/ Publik se-Jawa Tengah tahun 2018 ini, Unisri  mengirimkan empat Mahasiswa dari Program studi Ilmu Administrasi Negara, yaitu Febriyitno, Novia Khoirunnisaa, Fauzi Sri Perdana Putra, dan Bintari Wahyuningtyas.  

Kegiatan Teras Jateng 2018, merupakan kelanjutan dari Keputusan Bersama Teras Jateng 2017 di Universitas Sebelas Maret, bertemakan “Kebijakan Ketenagakerjaan untuk Meningkatkan Daya Saing di Jawa Tengah Menuju Indonesia Emas 2045”.  Sedangkan sub tema terdiri dari 3 cluster, yaitu Sosial Budaya (Cluster 1), Ekonomi Politik (Cluster 2), dan Kelembagaan (Cluster 3).

Tim Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara Unisri berada dalam Cluster 2, yaitu Ekonomi Politik, dengan mengambil sub pengembangan ekonomi wirausaha. Judul penelitian yang dibawakan yakni “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Surakarta”. Penelitian ini dibawah asuhan Johan Bhimo Sukoco, S.Sos, M.Si selaku dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara Unisri.

Johan Bhimo Sukoco, S.Sos, M.Si menyampaikan, penelitian ini berangkat dari permasalahan terhadap belum optimalnya pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surakarta, dimana dari sebanyak 43.804 UMKM di Kota Surakarta yang ada, hanya 2.978 usaha saja yang sudah menjadi UMKM Binaan. Kuantitas ini menunjukkan terdapat sekitar 93 % UMKM yang belum tersentuh pendampingan oleh pemerintah. 

Penelitian ini mendapatkan apresiasi dalam forum dan mendapatkan anugerah Penelitian Terbaik dalam Teras Jateng 2018. Tim Penelitian Prodi Ilmu Administrasi Negara menggungguli tim-tim dari universitas lain. Prestasi ini menggenapi raihan tim Unisri di tahun sebelumnya, yaitu Best Video Penelitian dalam Teras Jateng 2017. Untuk tahun berikutnya, direncanakan Unisri Surakarta menjadi tuan rumah penyelenggara Teras Jateng 2019.” ungkapnya

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan