Tuesday, April 16, 2024
   
TEXT_SIZE

Pertahankan Argumen Mengenai Family Business, Istiatin Raih Doktor

Solo-lldikti6.or.id – Istiatin, salah satu Mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga telah resmi menyandang gelar doktor setelah menyelesaikan disertasi yang dipromotori oleh Prof. Chrustantius Dwiatmadja, S.E., M.E., Ph.D., Ir. Lieli Suharti, M.M., Ph.D., dan Harijono, S.E., MAF., M.Com (hons)., Ph.D., dengan judul “Harmonisasi Dalam Suksesi Family Business (Studi di PT. Dan Liris Sukoharjo)”.

Ujian terbuka promosi doktor yang berlangsung pada 5 September 2018 tersebut, dipimpin  ketua sidang Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., PhD. Selanjutnya, Dr. Istiatin, MM yang merupakan dosen jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari tim penguji yang terdiri Prof. Dr. Ir. Sony Heru Priyanto, M.M., Prof. Dr. Pahlawansyah H., S.E., M.E., Hari Sunarto, S.E., M.B.A., Ph.D., dan Albert Kriestian N.A.N., S.E., M.M., Ph.D.

Disertasi yang diujikan mengenai Family Business, dimana Family Business memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung perekonomian diseluruh dunia, juga memiliki posisi bergengsi dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Nasional. Namun, tidak banyak perusahaan keluarga /Family Business yang bertahan hidup atau tidak longevity. Salah satu mitos dalam perusahan keluarga “generasi pertama mendirikan, generasi kedua menikmati dan generasi ketiga menghancurkan”.

Harmonisasi Dalam Suksesi Family Business, merupakan strategi untuk mematahkan mitos seperti yang diterapkan oleh PT. Dan Liris, dengan melakukan perencanaan suksesi secara baik dengan memperhatikan faktor-faktor penentunya, salah satunya adalah Peran Pendiri. Selanjutnya, dilakukan proses dan tahap mentoring, sehingga menghasilkan karakter dan kompetensi suksesor yang mumpuni. Profesionalisasi juga telah dilakukan dengan melalui transformasi struktur, teknologi dan SDM, untuk menghasilkan kinerja suksesor yang dapat menciptakan Family Business yang longevity seperti yang dilakukan PT Dan Liris Sukoharjo.

Acara ujian terbuka promosi doktor diakhiri dengan penyerahan ijazah oleh pimpinan sidang dan dilanjutkan dengan sesi foto dan pemberian ucapan selamat kepada Dr. Hj. Istiatin, M.M.,

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan