Saturday, April 20, 2024
   
TEXT_SIZE

Pelaut Indonesia Diminati Perusahaan Pelayaran Asing

Pedurungan-lldikti6.ristekdikti.go.id – Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor (STIMART) “AMNI”  merupakan salah satu pejuang untuk membangun negara maritim Melalui generasi muda, maka diciptakanlah pelaut-pelaut yang tangguh, prima, profesional dan beretika.

Pernyataan ini disampaikan Kepala PPSDM Perhubungan Laut, Ir.I Nyoman Sukayadnya, MM selaku Inspektur Upacara dalam acara Wisuda ke-58 STIMART “AMNI” Semarang  yang berlangsung di kampus biru jln. Soekarno-Hatta, baru-baru ini (22/9), ketika melakukan jumpa pers sebelum acara dimulai. 

Dikatakan oleh I Nyoman, terkait suplay endement tergantung kita bersama-sama dalam menyikapi.

“Kami bersama-sama dengan dinas perhubungan internasional di seluruh dunia telah menitip pesan mengenai penugasan perihal pencarian pangsa pasar. Selain itu, kami juga mencari inovasi-inovasi baru yang dibutuhkan industri pelayaran.” ungkapnya

Menurutnya,  saat ini banyak permintaan tenaga pelaut Indonesia untuk bekerja dipelayaran kapal asing. Alasan terhadap tingginya angka permintaan tenaga pelaut Indonesia dikarenakan memenuhi kriteria cerdas, ulet dan murah.

“Sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah, tugas kami sekarang adalah  mengupayakan bagaimana penghasilan para pelaut kita yang bekerja di luar negeri setara dengan pelaut dari negara lain.” tegasnya

Ia menyampaikan harapan agar ada dukungan yang kuat bagi generasi muda yang memiliki animo tinggi  masuk di sekolah pelayaran.

Menanggapi apa yang disampaikan Kepala PPSDM Perhubungan Laut tersebut, Ketua STIMART AMNI, Ir, Siswadi, MT menuturkan bahwa lembaganya telah siap membekali calon lulusannya dengan berbagai sertifikat keahlian sebagaimana yang dipersyaratkan oleh IMO.

“Selain berupa sertifikasi keahlian kompetensi, kami bekali calon lulusan dengan kemampuan berbahasa Inggris dan kemampuan terhadap teknologi komunikasi. Program tersebut secara terus menerus telah kita kembangkan mengikuti perkembangan jaman.

Wisuda STIMART “AMNI” ke-58 diikuti sebanyak 381 wisudawan, meliputi 104 lulusan dari jenjang S1 Progdi Manajemen Transpor, 13 lulusan dari jenjang DIII Progdi KPN, 143 lulusan dari jenjang DIII Progdi Nautika, dan 121 lulusan jenjang DIII dari Progdi Teknika.

Lulusan terbaik progdi Teknika diraih Kunanto, IPK 3.50. Progdi Nautika diraih I Made Toni Wirya Hartawiguna, IPK 3.65. Progdi Manajemen diraih Muhammad Nurkholis Majid, IPK 3.68

COMMUNITY

Materi Pelatihan