Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Campuran Pasir, Arang Batok, Pupuk Kandang Hasilkan Wijen Berkualitas

Solo-llfdikti6.ristekdikti.go.id Pasir pantai dan arang tempurung kelapa yang dicampur dengan pupuk kandang ayam yang telah sempurna proses fermentasinya, ternyata dapat menjadi lahan  subur untuk menghasilkan produk pertanian dengan varietas unggul.

Dr Dewi Ratna Nurhayati  setidaknya sudah membuktikan dengan melakukan penelitian terhadap pemanfaatan lahan marginal atau pasir pantai di Wates dan Bantul. Menurutnya, campuran ketiganya (pasir, arang batok kelapa, dan pupuk kandang ayam) memberi kemanfaatan yang baik terhadap peningkatan mutu pada sifat tanah pasir yang ditanami tanaman wijen (Sesamum indicum L), yakni pada varietas winas 1, winas 2, dan SBR 3.

"Dari hasil penelitian tersebut, dapat disampaikan bahwa wijen varietas SBR 2 memberi hasil yang baik terhadap kadar minyak wijen, yakni 47,5 persen. Berat biji wijen jika ditanam di daerah lahan pasir pantai di Bugel, Wates akan lebih baik dibanding di daerah lahan pasir Bantul," kata Dr. Dewi saat melakukan penelitian bersama Siswadi MP, sesama dosen Fakultas Pertanian (FP) Univetsitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta. (16/11).

Ia berharap, hasil penelitian yang difasilitasi Simlitabmas dapat dikembangkan masyarakat setempat dengan lahan lebih luas,  dengan dipandegani kelompok tani setempat. Hasil penelitian juga dapat diadobsi di wilayah pesisir lainnya, berkarakteristik pasar pantai yang sama.

"Dengan lahan yang baik, tanaman wijen yang dihasilkan akan lebih berkualitas yang akan berpengaruh pada harga”. katanya

Tampak gambar : Dr Dewi Ratna di tengah tanaman wijen yang menjadi objek penelitiannya.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan