Saturday, December 03, 2016
   
TEXT_SIZE

Semarang, CyberNews. Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang kini berkembang menjadi salah satu universitas terkemuka dengan 11 fakultas, 24 program sarjana (S1), 5 program pascasarjana (S2) serta Diploma 3 (D3).

Unissula didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) pada tanggal 16 Dzulhijjah 1381 H, bertepatan dengan 20 Mei 1962 M, Tiga fakultas telah dibuka yakni Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Pasti Alam. Pada tahun berikutnya didirikan Fakultas Kedokteran (10 Oktober 1963). Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, dan Fakultas Teknik kemudian menggantikan FIPIA dibuka pada tahun berikutnya, bersama dengan semangat untuk meningkatkan pengetahuan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagai salah satu Universitas Islam terkemuka di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 48 tahun, Unissula memiliki peran strategis bagi Indonesia dan dunia Islam pada khususnya. Dengan demikian, prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi harus dicapai serta sumber daya manusia yang berkualitas akan terus diciptakan.

Unissula menyelenggarakan pendidikan tinggi islam yang berorientasi pada kualitas dan kesetaraan universal melalui penerapan budaya akademik islami.

Menerapkan Budaya Akademik Islami dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tingginya dalam rangka mewujudkan generasi terbaik (Generasi Khaira Ummah).

Perpustakaan Berbasis Cyber

Unissula juga memiliki Perpustakaan terbaik di Indonesia yang berbasis Cyber. Beberapa program studi telah mendapatkan nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) seperti Kedokteran Umum, Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan, Hukum, Akuntansi dan Manajemen, serta Tarbiyah. Beberapa program studi yang mendapatkan nilai akreditasi B yaitu Teknik Elektro dan Teknik Industri, dan Psikologi, serta beberapa program studi yang masih dalam proses akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Menerapkan "Budaya Cyber" melalui IT dan E-learning dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Dengan menerapkan pengajaran cyber, para mahasiswa mampu mengakses materi pembelajaran, mengumpulkan tugas-tugas mereka, berdiskusi dan melakukan tugas melalui internet.

Dalam banyak hal, mahasiswa banyak mendapatkan keuntungan dari metode pembelajaran cyber ini yaitu mereka dapat belajar di manapun dan kapanpun mereka suka. Tenaga dosen yang berkualitas dan profesional di bidangnya dengan gelar Master dan Doktor yang diperoleh di dalam negeri maupun luar negeri.

Kurikulum yang di dasarkan pada standar kompetensi Unissula untuk menyiapkan para mahasiswa agar dapat bersaing dalam dunia kerja baik nasional maupun internasional. Juga menawarkan beasiswa, tidak hanya bagi yang berprestasi namun juga kepada semua mahasiswa dari berbagai latar belakang.

Wilayah kampus yang terintegrasi dan strategis. Berlokasi di Semarang, ibukota Jawa Tengah, Indonesia, dengan luas 35 hektar, Unissula menawarkan ketenangan dan kenyamanan mahasiswa. Layanan dan fasilitas yang ada meliputi masjid, laboratorium, bank, kantin, rumah sakit pendidikan, perpustakaan, lapangan olahraga dan rumah susun untuk mahasiswa (rusunawa).

Memberikan kesempatan kepada lulusan Unissula untuk bekerja di dalam negeri maupun luar negeri. Unissula membangun hubungan baik tidak hanya dengan universitas-universitas Nasional seperti Undip, UI, Unpad, Unisba, UGM juga dengan universitas-universitas luar negeri seperti Universitas Islam Antar Bangsa, Malaysia, Universitas Fatih, Turki Universitas Negeri Mindanau Barat, Filipina, Universitas Teknologi, Malaysia, Universitas Hankook, Korea Selatan, Universitas Hiroshima, Jepang, Serta empat universitas dari maroko; Universitas Al Akhwayn, Sidi Mohammed ben Abdellah, Moulay Ismail, Cadi Ayyad.

Visi dan Misi

Sebagai Universitas Islam terkemuka dalam membangun generasi khaira ummah, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi atas dasar nilai - nilai Islam dan membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil a'lamin

Menyelenggarakan pendidikan tinggi Islam dalam rangka dakwah Islamiyah yang berorientasi pada kualitas dan kesetaraan universal dengan merekonstruksi dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) berdasarkan nilai-nilai Islam.

Mendidik dan mengembangkan sumber daya insani yang Islami pada semua strata pendidikan melalui berbagai bidang ilmu dalam rangka membangun generasi Khaira ummah dan kader-kader ulama taffaquh fiddin, dengan mengutamakan kemuliaan akhlak, dengan kualitas kecendikiawanan dan kepakaran standar tertinggi, siap melaksanakan tugas kepemimpinan umat dan dakwah.

Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam membangun peradaban islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT dalam kerangka rahmatan lil'alamin.

Mengembangkan gagasan dan kegiatan agar secara dinamik senantiasa siap melakukan perbaikan kelembagaan sesuai dengan hasil rekonstruksi dan pengembangan iptek dan perkembangan masyarakat.

Cyber University Through TDMB

Bekerja sama dengan Korea Selatan dan MIMOS Malaysia, Unissula meluncurkan T-DMB (Terrestrial Digital Multimedia Broadcasting). Teknologi ini telah diluncurkan 8 Desember 2010 lalu. Dengan adanya T-DMB tentu akan diproyeksikan meningkatkan kegiatan serta kualitas dari mahasiswa Unissula.

Mahasiswa akan lebih mudah mengakses materi perkuliahan dan mendapatkan informasi yang lebih banyak. Dengan menggabungkan smart phone, PC Tablet dengan modul receiver T-DMB maka pencapaian atas apa yang diharapkan bukanlah sesuatu yang tidak mungkin.

Secara teknis pilihan mengapa T-DMB yang dipilih antara lain didasarkan pada pertimbangan hemat penggunaan frekuensi, hardware lebih compact dan hemat space, fleksibel dalam penggunaan bandwidth dan tentunya mengikuti tren pengembangan teknologi. Dengan demikian, perkuliahan interaktif dapat diikuti mulai dari jarak 70 km.

Teknologi T-DMB ini beberapa langkah lebih maju dibandingkan dengan teknologi penyiaran yang lain karena adanya konvergensi antara teknologi broadcasting audio, video, dan data, yang dapat digambarkan sebagai radio, TV dan internet dalam satu paket. Unissula berusaha menangkap kebutuhan akan informasi dan mobilitas civitas akademikanya yang tinggi.

Oleh karena itu universitas ini melakukan restrukturisasi layanan kampus dengan cara membangun database dan konten pembelajaran melalui multimedia, memperbarui kurikulum, meningkatkan kualitas mahasiswa, memperbarui metode pengajaran, merancang ulang infrastruktur kampus dan standardisasi sistem manajemen kampus.

Beasiswa

Unissula juga menyediakan bermacam beasiswa antara lain beasiswa YBWSA, PPA & BBM, Supersemar, Pemprov, PKPS-BBM, dan TPSDP bagi mahasiswa berprestasi akademik dan non akademik.

Pendaftaran

Unissula membuka pendaftaran calon mahasiswa baru bagi lulusan SLTA, pendaftaran bisa dilakukan di Gedung Rektorat Kampus Unissula, Jl Raya Kaligawe Km 5 Semarang, SMA Al Irsyad Tegal, Jl Gajahmada No. 128 Tegal,  dan SMA Islam Sultan Agung 2 Jepara, Jl Kriyan Kalinyamat Jepara.

Pendaftaran dilakukan dalam dua tahap secara online dan offline, tahap I: 3 Januari s/d 30 April 2011, tahap II: 2 Mei s/d 20 Agustus 2011, pendaftaran secara online masih dilayani sampai 30 Agustus 2011. Informasi selengkapnya kunjungi di www.unissula.ac.id.

Bahasa Lainnya

COMMUNITY

Materi Pelatihan

Newspaper

Berita Dikti