Saturday, December 10, 2016
   
TEXT_SIZE

Beasiswa Seni dan Budaya dari KEMENLU

JAKARTA - Beasiswa yang satu ini cukup unik, penerimanya akan ditempatkan di lima sanggar seni tradisi Indonesia, untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia selama tiga bulan.

Beasiswa rutin yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) ini dinamakan Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI). Ia ditawarkan bagi mahasiswa dari Indonesia, Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, Filipina, Timor Leste, negara-negara Asia, Eropa, Amerika Serikat, dan Inggris.

Program yang telah dilaksanakan sejak 2003 tersebut menunjukkan komitmen Indonesia dalam meningkatkan kerja sama dalam bidang sosial budaya antarberbagai negara di dunia. Program ini juga bertujuan menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang keberagaman budaya Indonesia. Dalam jangka panjang, program BSBI merupakan sarana kerja sama dalam bidang budaya dan diplomasi antarnegara peserta.

Tahun ini, program BSBI akan digelar pada 25 April-29 Juli 2011. Para penerima beasiswa akan ditempatkan di lima kelompok studi di lima sanggar seni tradisi Indonesia, yakni di Lampung, Bandung, Denpasar, Solo, dan Surabaya.

Di Bandung, peserta BSBI akan mempelajari kesenian dan budaya Sunda seperti angklung, karawitan, wayang golek, dan tari tradisional Sunda. Pelajaran tentang kesenian, bahasa, dan budaya Jawa seperti proses membatik dan filosofinya, karawitan, serta tari tradisional Jawa akan diberikan di sanggar kesenian di Solo dan Surabaya.

Peserta yang menetap di Bali akan mempelajari budaya dan kesenian Bali seperti tari dan gamelan Bali. Di Bandar Lampung, partisipan program ini akan mempelajari beragam budaya dan kesenian Sumatra. Tidak hanya itu, tiap pusat kesenian ini juga akan mengajak para peserta program BSBI mengunjungi berbagai objek wisata dan ekskursi ke desa setempat untuk lebih mengenal budaya Indonesia.

Sebagai peserta program BSBI, kamu akan mendapatkan biaya pendidikan, termasuk kegiatan intra dan ekstrakurikuler, tiket pesawat kelas ekonomi, akomodasi, asuransi kesehatan, dan biaya hidup per bulan Rp1,5 juta.

Berminat? Simak syaratnya ya!

Kamu haruslah berumur antara 21-30 tahun dengan pendidikan terakhir minimal sekolah menengah atas (SMA), serta memiliki minat dan bakat tinggi dalam bidang kesenian. Mahasiswa kesenian dengan dasar studi budaya Indonesia sangat didorong untuk mendaftar program ini. Karena ketat dan padatnya jadwal program, maka kamu juga harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani.

Selanjutnya, isi formulir pendaftaran dan lengkapi berkas pendaftaranmu dengan tiga lembar pasfoto ukuran paspor, fotokopi paspor yang masih berlaku, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi surat keterangan sehat dari lembaga medis yang kompeten, dan surat rekomendasi. Kamu juga harus membuat surat pernyataan pribadi yang berisi kesediaan untuk memenuhi dan mengikuti semua kegiatan dalam program BSBI sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, baik peraturan panitia maupun hukum Indonesia.

Pelamar dari Indonesia bisa segera mengirimkan lamaran ke:

Kementerian Luar Negeri Indonesia
Directorate of Public Diplomacy
Tower Building, 12th Floor
Jl. Taman Pejambon no. 6
Jakarta 10110

Pelamar dari luar negeri bisa mengirimkan aplikasi ke kedutaan besar atau konsulat jenderal Indonesia di negara masing-masing. Tenggat waktu pendaftaran program BSBI adalah 20 Maret 2011. Informasi mengenai syarat beasiswa, pendaftaran, dan pilihan studi bisa kamu lihat di situs Kementerian Luar Negeri (www.kemlu.go.id). Kamu juga bisa mengirimkan pertanyaan ke alamat email This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . (rfa)(rhs)

Sumber : Okezone.com

Bahasa Lainnya

COMMUNITY

Materi Pelatihan

Newspaper

Berita Dikti