Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Dr. Suparnyo Dilantik Sebagai Rektor UMK

KUDUS – Setelah sebelumnya menjabat Rektor Antar Waktu periode 2012 - 2016 Universitas Muria Kudus (UMK) menggantikan Prof Dr. Dr. Sarjadi Sp.PA., Senin (28/11/2016), Dr. Suparnyo SH. MS. dilantik menjadi Rektor untuk periode 2016-2020.

Pelantikan dilakukan oleh ketua Yayasan Pembina (YP.) UMK Drs. H. Djuffan Ahmad di Auditorium Kampus UMK, dan dihadiri antara lain Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng Prof. Dr. DYP Sugiharto M.Pd.Kons, bupati serta jajarannya atau yang mewakili di Eks Karesidenan Pati, Forum Komunikasi Kepala Daerah (Forkompinda) Kudus, serta pembina, pengawas dan pengurus YP. UMK.

Dalam sambutannya usai melantik, Djuffan meminta agar Rektor yang baru saja dilantik, bisa bekerja lebih keras lagi untuk memajukan UMK. ‘’Selama menjabat sebagai Rektor Antar Waktu menggantikan Prof. Sarjadi, banyak prestasi yang telah didapat. Kami berharap, prestasi yang telah diraih ditingkatkan di waktu-waktu mendatang,’’ katanya.

Prof. Dr. DYP Sugiharto M.Pd. Kons, dalam sambutannya mengapresiasi UMK yang menunjukkan kemajuan luar biasa dari waktu ke waktu. ‘’Mencermati keberadaan UMK yang terus menunjukkan perkembangan dan kemajuan, maka orientasinya sudah harus diarahkan menuju perwujudan perguruan tinggi (PT) yang bermutu dan unggul,’’ ungkapnya.

Kepada Rektor UMK yang baru saja dilantik, ia berharap agar melakukan penguatan tata kelola UMK yang baik, dengan disangga oleh enam pilar, yakni transparansi, perngorganisasian, partisipasi, responsivitas, efisiensi dan efektivitas, serta akuntabilitas.

‘’Dengan mengimplementasikan enam pilar tersebut, akan mampu mengantarkan kepemimpinan rektor menciptakan suasana kerja yang kondusif, serta memotivasi sivitas akademika bekerja secara produktif, dalam mencapai visi misi PT,’’ tuturnya.

Bupati Kudus H. Mustofa, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Setda Kudus, Budi Rahmat menyampaikan, pendidikan merupakan bekal yang teramat penting bagi masa depan generasi bangsa dan keberlanjutan pembangunan negara.

‘’Mudah-mudahan rektor terpilih dapat mewujudkan ini, dan membawa UMK menjadi universitas terpandang, serta menghasilkan insan-insan pembangunan yang bermutu, berdaya saing tinggi, dengan biaya pendidikan terjangkau,’’ harap Bupati

Dalam pesannya H. Mustofa menegaskan, agar UMK memperhatikan relevansi kurikulum pendidikan dengan kebutuhan  dunia kerja. ‘’Ini sangat penting, untuk menyiapkan generasi muda memasuki dunia kerja dengan lebih mudah, karena telah memiliki pengetahuan dan keterampilan dari bangku kuliah yang memiliki relevansi dengan dunia kerja,’’ paparnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan