Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Sambut Mahasiswa Baru, Udinus Tanam Bibit Mangrove dan Cemara Laut

Semarang-kopertis6.or.id – Sejumlah 3573 mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mulai mengikuti rangkaian acara Dinus Inside 2017, diantaranya kegiatan pengenalan kampus yang diawali dengan kuliah umum oleh Walikota Semarang, Hendi Hendrar Prihadi. Selanjutnya, diisi pula dengan pelaksanaan Udinus Care Conservation, Bakti Sosial dibeberapa panti, Dinus Expo, serta orientasi kampus oleh tiap fakultas. 

Udinus Care Conservation memusatkan kegiatan di wilayah Mangunharjo Kecamatan Tugu. “Tahun ini kami menanam 3700 bibit mangrove dan cemara laut dalam kegiatan konservasi dalam rangka menyambut mahasiswa baru.” kata Dr. Kusni Ingsih Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan yang turut hadir menghadiri kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu cara Udinus ikut menyelamatkan serta melindungi lingkungan sekitar. Tidak hanya kegiatan akademis, namun juga meningkatkan kepedulian sosial, karena apa yang kita lakukan saat ini akan menentukan masa depan anak cucu kita di waktu mendatang. 

Tampak hadir dalam acara ini Dekan Fakultas Teknik Udinus, Dr. Dian Retno Sawitri Kepala Biro Kemahasiswaan Rindra Yusianto, MT, perwakilan mahasiswa baru dari masing-masing fakultas, perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), mahasiswa penerima beasiswa unggulan, mahasiswa asing dan dosen Udinus.

Koordinator Konservasi Dinus Inside 2017, Achmad Wahid Kurniawan, M.Kom menjelaskan, penanaman cemara laut ini sebagai upaya mencegah abrasi di pantai kota Semarang. "Selain cemara laut memiliki daya tahan yang bagus terhadap air laut, pohon ini juga tahan terhadap goncangan angin. Sedangkan untuk mangrove dapat dijadikan tempat bersarang dan berteduhnya biota laut." katanya 

Hari kedua Dinus Inside 2017 dilaksanakan di lingkungan gedung D. Sedangkan puncak acara penyambutan mahasiswa baru dengan menyaksikan penampilan  band Sheila On 7. 

COMMUNITY

Materi Pelatihan