Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Kemaritiman Terus Berkembang, AKPELNI gelar Pelatihan PORT CLEARANCE

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id - Menyadari pentingnya menyiapkan lulusan yang mampu menghadapi perkembangan dunia maritim khususnya di lingkungan pelabuhan, Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) bekerjasama dengan DPC Indonesian National Shipowners Association (INSA) Semarang menyelenggarakan pelatihan Port Clearance.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Siliwangi selama dua hari  (17-18/1)  tersebut, diikuti sebanyak 185 taruna dan 5 orang dosen yang berasal dari berbagai perguruan tinggi maritim di kota Semarang. Untuk narasumber,  berasal dari instansi terkait di lingkungan pelabuhan Tanjung Emas Semarang, yaitu Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai, Dinas Karantina dan Imigrasi Pelabuhan, PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, PT. Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), dan perusahaan pelayaran/ keagenan di Semarang. 

Dr. Jemmy R. Sumakut wakil dari KSOP Semarang mengatakan terhadap pentingnya acara ini, sebagai upaya menyiapkan taruna dalam mengelola dan mengurus operasional kapal di pelabuhan.

“Untuk mewujudkan visi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim, tentu harus didukung dengan penyiapan SDM yang terampil dan profesional, terlebih dengan adanya kemajuan teknologi informasi.” ungkap Dr. Jemmy 

Ketua DPC INSA Semarang yang juga Ketua Program Studi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan di Akpelni, Ridwan, S.Sos., MM. Menambahkan,  sejak Januari 2017 mekanisme Port Clearance sudah menggunakan sistem online dengan nama Inaportnet yang mengitegrasikan seluruh proses kepelabuhanan dalam satu sistem. 

“Termasuk dalam hal ini adalah pembayaran jasa dengan online banking dan persiapan pemberlakuan sistem Delivery Order (DO) online yang diharapkan terlaksana pada semester I tahun 2018 dalam rangka mempercepat proses bongkar-muat dan menekan dwelling time yang masih di kisaran 3,5 – 4 hari di Pelabuhan Tanjung Emas.” jelas Ridwan

Menurutnya, seluruh hal terkait dengan sistem dan peraturan baru dalam pengurusan Port Clearance tersebut, penting untuk diketahui  taruna agar siap bekerja di pelabuhan dan industri pelayaran.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan