Wednesday, November 14, 2018
   
TEXT_SIZE

Ubah Mengkudu Menjadi Bolu, PKMK UMM Raih Pendanaan dari Kemeristekdikti

Semarang-kopertis6.or.id – Mengkudu atau pace merupakan buah yang memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti zat nutrisi, zat anti bakteri, serta zat anti kanker. Karena keterbatasan pengetahuan akah khasiat mengkudu, tak sedikit mayasarakat yang menganggap sebagai obat tradisional yang kurang disukai, dikarenakan baunya menyengat dan pahit. Namun, melalui inovasi yang dilakukan mahasiwsa UMM Magelang, mengkudu dapat diubah menjadi kue bolu lezat dan berkasiat.

Berawal dari ini semua tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Sosial Humaniora (PKMK) UMM Magelang yang beranggotakan lima mahasiswa yakni Ratri Darmawanti, Nuansa Trimaya Fadhila, Ika Rismania Mithasani, Atifa Putu Pratama dan Fera Wi Helminah serta dibawah pembimbing Dhuta Sukmarani, M.Si mendapat pendanaan dari Kemenristekdikti 2018.

Ketua Kelompok PKM Ratri menjelaskan, Bolu Kurawa (Bolu Mengkudu Aksara Jawa) merupakan olaha makanan basah berbahan dasar mengkudu yang dicetak menjadi bentuk aksara jawa.

“Dengan adanya Bolu Kurawa ini dapat disukai untuk dikonsumsi, karena kaya akan kasiat serta mampu menumbuhkan minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Jawa melalui cara yang tidak biasa, yaitu melihat kemudian memakannya.” ungkap Ratri

Menurutnya, selain sebagai makanan sehat, Bolu Kurawa juga sebagai makanan edukasi yaitu dengan belajar aksara Jawa, sekaligus melestarikan budaya dengan bentuk-bentuk aksara Jawa yang disajikan.  

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan