Wednesday, October 17, 2018
   
TEXT_SIZE

Tujuh Program Studi di Untag Berubah Nama

Bendan Dhuwur-LLDIKTI Wilayah VI – Pengajuan perubahan nama tujuh program studi yang diusulkan oleh Untag Semarang ke Kemenristekdikti,  telah mendapatkan persetujuan berupa  SK Menristekdikti No. 549/KPT/I/2018 tertanggal 5 Juli 2018 yang diserahkan melalui Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jateng, Prof. DYP. Sugiharto kepada Rektor Untag Dr. Suparno, Jum’at, 3 Agustus 2018.

Tujuh progdi yang mengalami perubahan nama tersebut, meliputi Ilmu Hukum Program Sarjana menjadi Program Studi Hukum Program Sarjana, Administrasi Niaga Program Sarjana menjadi Progdi Administrasi Bisnis Program Sarjana, Administrasi Negara Program Sarjana menjadi Progdi Administrasi Publik Program Sarjana, Sastra Inggris Program Sarjana menjadi Progdi Bahasa Inggris Program Sarjana, Ilmu Administrasi Program Magister menjadi Progdi Administrasi Publik Program Magister, Ilmu Hukum Program Magister menjadi Progdi Hukum Program Magister, dan Ilmu Hukum Program Doktor menjadi Progdi Studi Hukum Program Doktor.

Prof. DYP Sugiharto usai menyerahkan SK menyampaikan  apresiasi kepada rektor Untag yang telah berupaya menata pengadministrasian akademik di wilayah nama progdi yang akan berdampak terhadap legalitas dan kebermanfaatan yang lebih luas.

“Mudah-mudahan ini dapat ditindaklanjuti secara proaktif, misalnya dengan menjadi progdi Hukum, maka konsentrasi yang perlu dikembangkan sebenarnya menjadi lebih terbuka. Konsentrasi tersebut menjadi kewenangan rektor . Untuk itu, perlu penguatan untuk S2 dan S3. Jika perlu dapat ditambah konsentrasinya” katanya

Menurutnya, perubahan nama progdi yang dilakukan Untag Semarang merupakan potensi untuk mengembangkan konsentrasi-konsentrasi yang ada. “Nama-nama progdi ini lebih menjanjikan untuk diresmon masyarakat.” tegasnya

Momentum perubahan nama progdi oleh Untag Semarang merupakan proses paling awal dan untuk pertama kalinya di PTS Jateng yang disetujui.

Diterimanya SK perubahan nama progdi tersebut disikapi oleh rektor Dr. Suparno sebagai sebuah kado istimewa dalam ulang tahun Untag Semarang yang kini genap berusia 55 tahun.

“Alhamdulillah mudah-mudahan angka lima lima ini akan membawa berkah bagi Untag untuk kembali maju. Selain SK perubahan nama progdi, kado istimewa yang lain berupa bertambahnya satu dosen bergelar Doktor untuk progdi Arsitektur.”  ungkapnya.

Dijelaskan oleh Dr. Suparno bahwa Untag saat ini telah memiliki sebanyak 46 Doktor dan 5 Profesor. “Mudah-mudahan pengajuan Profesor saya untuk tahun ini disetujui, setelah memenuhi kekurangan kum yang sedikit saja.”

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan