Monday, August 19, 2019
   
TEXT_SIZE

UNKARTUR Bantu Pelajar SMK se-Kota Semarang untuk Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0 & Society 5.0

Semarang-lldikti6.ristekdikti.go.id - Perkembangan revolusi industri harus menjadi perhatian serius dari semua pihak. Revolusi Industri 4.0 telah mengubah pola hidup dan kerja manusia secara fundamental dalam setiap aspek kehidupan. Universitas Nasional Karangturi (UNKARTUR) Semarang adalah salah satu pihak yang juga turut andil dalam mensosialisasikan kepada masyarakat tentang suatu konsep peradaban di era Industri 4.0 dan Society 5.0 atau yang lebih dikenal dengan masyarakat 5.0.

 

Dengan mengambil judul “Pelatihan Literasi Humanis & Perencanaan Karir di era Revolusi Industri 4.0 & Society 5.0”, UNKARTUR mengadakan pengabdian masyarakat pada Hari Senin, 08 April 2019 di aula UNKARTUR di Jalan Raden Patah No.182-192 Semarang. Kegiatan ini berlangsung sehari dengan target khalayak sasaran adalah para pelajar Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) se-Kota Semarang. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibagi menjadi 3 sesi yang secara penyampaiannya dibedakan menjadi seminar dan pelatihan.

Pada sesi 1, pelajar SMK dibekali dengan pengetahuan konsep Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 dengan turut memberikan contoh-contol riil dari negara maju, tempat dimana industri 4.0 dan masyarakat 5.0 sudah mulai diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pada sesi 2, pelajar SMK diberikan pelatihan terkait salah satu elemen penting yang diperlukan dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0, yaitu literasi humanis (manusia). Ada dua macam keahlian yang diberikan terhadap pelajar yaitu tentang bagaimana bekerja sama di dalam tim serta bagaimana menjadi seorang pemimpin di era Revolusi Industri 4.0. Sementara pada sesi 3, pelajar SMK dilatih tentang bagaimana merencanakan karir yang tepat serta bagaimana membuat riwayat hidup (CV) yang menarik dan role-play di dalam menghadapi wawancara kerja.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan secara utuh tentang perubahan dunia industri yang begitu cepat di era disrupsi Revolusi Industri 4.0 sehingga para pelajar SMK yang digadang-gadang bakal siap kerja/ siap terjun ke lapangan, dapat menyesuaikan/ meningkatkan keahlian yang dibutuhkan agar tidak tersingkir atau tergeser dari kompetisi dengan otomatisasi/ robot yang menjadi karakteristik hadirnya Industri 4.0 dan masyarakat 5.0. Untuk kegiatan pengabdian masyarakat berikutnya, UNKARTUR telah berencana akan menindaklajuti dengan memberikan pelatihan literasi data, literasi teknologi dan kewirausahaan terhadap para pelajar SMK, sehingga pelajar SMK benar-benar percaya diri dan siap menghadapi hadirnya industri 4.0 dan masyarakat 5.0 di Indonesia.

COMMUNITY

Materi Pelatihan