Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Stikes PKU Surakarta Kunjungi RSUP Sadikin Bandung

Solo-kopertis6.or.id- Ketua Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta bersama rombongan yang terdiri dari 175 mahasiswa semester IV progdi Keperawatan dan Kebidanan (DIII) dan Ilmu Gizi (S1), belum lama ini melakukan kunjungan ke RS. Hasan Sadikin Bandung dan PT. Bio Farma Bandung selama lima hari.

Ketua STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, Ibu Weni Hastuti S.Kep., M.Kes menyampaikan, kegiatan hospital tour ini merupakan kegiatan terobosan dalam mengenalkan mahasiswa terhadap Rumah Sakit guna mendukung pembelajaran KBK program Studi D III Keperawatan STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta.

“Mahasiswa perlu merealisasikan pelaksanaan Hospital tour.  Untuk mencapai kompetensi tersebut, yakni  melihat secara langsung pelayanan unggulan di RSUP Hasan Sadikin oleh Praktisi yang ahli di bidangnya, mengamati kinerja yang diaplikasikan, sehingga diharapkan dapat diadopsi oleh mahasiswa menjadi bekal setelah lulus nanti.” papar Weni.

Begitu juga saat melakukan kunjungan di PT. Bio Farma, mahasiswa bisa secara langsung mempelajari proses produknya, imbuhnya.

Disampaikan pula oleh Weni, tujuan dari penyelenggaraan Hospital Tour ini, antara lain yakni melihat penerapan manajemen keperawatan, budaya kerja yang dapat meningkatkan etos kerja mahasiswa semester IV apabila nanti sudah menjadi perawat yang profesional.

Dia menambahkan, khusus mahasiswa S1 Ilmu Gizi dapat mempelajari tentang kinerja di instalasi Gizi RSUP Hasan Sadikin dan menjadi konsuler gizi yang baik dan professional. Begitu pula mahasiswa dapat mempelajari kinerja di PT Bio Farma dan prosedur pembuatanVaksin Hepatitis B, serta  menjalin MoU antara STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta dengan RSUP Hasan Sadikin, yaitu magang tenaga perawat.

Saat berada di RSUP Hasan Sadikin, mahasiswa Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta oleh perawat RSHD diajak berkeliling di ruang pelayanan, seperti IGD, Instalasi Gizi, CVCU, ICU, Emergensi dan Instalasi lainnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan